by

Desa Namsina Gelar Musrenbang

Ambon, BKA- Pemerintah Desa (Pemdes) Namsina, Kecamatan Waplau, Menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbang) tahun anggaran 2021, pekan lalu.

Musrembang itu dilakukan sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan Musyawarah Desa (Musdes) yang sudah dilaksanakan sejak September 2020 lalu, dalam upaya menghimpun semua aspirasi masyarakat yang akan menjadi acuan program kerja di Desa Namsina tahun anggaran 2021.

Menurut Penjabat Kepala Desa ( Kades) Namsina, M. Yasir Laitupa, pada Musrenbang itu, tim verifikasi harus membacakan hasil data verifikasi yang sudah disusun, supaya bisa disepakati dan ditetapkan secara bersama oleh masyarakat dan para stakeholder yang berkempentingan.


“Jadi sesuai dengan hasil rapat pemerintah desa dengan BPD, setelah Musdes, kita masuk ke Musrenbang Desa untuk menghasilkan RKPDes tahun 2021,” kata Yasir, kepada BeritaKota Ambon, Minggu ( 31/1).

Lanjut dia, untuk hasil penetapan yang dijadikan sebagai RKPDes 2021, khususnya Desa Namsina, diantaranya, masalah BLT, pemulihan ekonomi melalui bidang pemberdayaan masyarakat dan padat karya tuna, serta mengenai pemulihan kesehatan masyarakat dalam penanganan pandemi Covid-19.

Orang nomor satu di Desa Namsina itu mengungkapkan, dalam rencana penggunaan menggunakan Dana Desa (DD), pemerintah desa harus memisahkan lebih dulu anggaran untuk BLT selama setahun. Karena anggaran tersebut tidak boleh dialihkan ke kegiatan lain.


Sisa dari anggaran itu, lanjutnya, baru dialokasikan untuk program lain. “Selain dari pada BLT, itu sisa anggaran dari DD akan diprioritaskan untuk pemulihan ekonomi masyarakat lewat pemberdayaan dan pemulihan kesehatan masyarakat,” ungkapnya.

Yasir berharap, Pagu anggaran 2021 ini bisa mengakomodir semua kegiatan pembangunan Desa Namsina. Sehingga apa yang menjadi kebutuhan masyarakat di tengah pandemi Covid ini, tetap teratasi dengan baik.

“Harapan kami, nudah-mudahan Pagu anggaran 2021 ini untuk Desa Namsina bisa naik, sehingga kami bisa mengakomodir semua pembangunan di desa yang kami cintai ini,” pungkasnya (MG-1).

Comment