by

Desa-Negeri Diupayakan Miliki Pimpinan Definitif

Ambon, BKA- Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon akan berupaya agar seluruh desa/negeri bisa memliki pimpinan defenitif, baik kepala desa atau raja. Sehingga tidak ada lagi pejabat yang menjadi karateker.
Demikian disampaikan Kepala Bagian Pemerintahan Kota Ambon, Ema Waliulu, ketika dikonfirmasi awak media, di ruang kerjanya, Kamis (22/4).

Menurutnya, kehadiran pimpinan definitif dalam pemerintahan di negeri atau desa sangat berdampak baik dalam pelayanan masyarakat. Sebab, ada hal bersifat penting yang tidak dapat dilakukan penjabat.
“Ada hal penting yang tidak bisa sama sekali dilakukan penjabat atau pejabat pelaksana di sebuah negeri atau desa. Makanya pimpinan definitif ini sangat berperan penting dalam pelayanan masyarakat,” terangnya.

Kata dia, Pemkot Ambon telah membahas pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2021. Untuk itu, kesiapan masyarakat menyambut hal ini juga dibutuhkan. Sehingga tidak ada kesalah pahaman.

“Kita sementara berupaya dalam waktu dekat akan melakukan pemilihan kepala desa serentak. Dalam pemilihan ini juga ada dua negeri yang masuk, yaitu Hative Kecil dan Tawiri. Karena dua negeri ini memiliki lebih dari satu matarumah parentah,” sebutnya.

Bukan itu saja, Ena mengaku, Pemkot berencana mempertegas aturan. Sehingga negeri atau desa yang belum memiliki pimpinan definitif akan dikenakan sanksi. “Sanksi itu bagi negeri atau desa yang ngulur waktu pelantikan raja atau kepala desa,” ucapnya.

Aturan ini, tambah dia, semata-mata untuk negeri atau desa bisa secepatnya memiliki raja definitif. “Ini untuk kebaikan kita bersama. Agar tidak lagi penjabat memipin di negeri atau desa administratif,” tandasnya. (IAN)

Comment