by

Desa Rumeon SBT Tak Punya Kades

BULA-BKA, Hampir tiga bulan, Desa Rumeon di Kecamatan Pulau Gorom, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) tidak memiliki kepala desa (kades) definitif maupun penjabat desa. Ini lantaran masa jabatan kades yang lama telah berakhir pada Mei 2021 lalu. Alhasil, seluruh program desa belum dijalankan.

Camat Pulau Gorom, Ramli Keliobas, saat dikonfirmasi wartawan mengaku, sudah sejak lama dirinya mengusulkan ke Bupati SBT, Abdul Mukti Keliobas untuk menunjuk orang lain menempati posisi tersebut. Sebab, hampir tiga bulan Desa Rumeon tidak memiliki kades maupun penjabat carateker.

“Sudah ada usulan, sudah lama itu ke bupati. Beta (saya) tidak ingat tanggal,” ucap Ramli, kepada wartawan melalui pesan selulernya, Selasa, (3/8).

Baca juga:
Hunimua Harus Jadi Fokus Pembangunan di SBT

Sementara itu, salah satu warga Desa Rumeon, Maryani Tuhuteru mengatakan, setelah berakhir masa pemerintahan Kades Rumeon, Saleman Kelilauw, belum ada pemimpin baru yang menggantikan posisi tersebut. Padahal, kewenangan bupati bisa saja menunjukkan orang lain sebagai karateker sementara di desanya.

“Setelah berakhirnya masa jabatan kepala desa aktif di tiga bulan yang lalu, sampai sekarang belum ada pengisian jabatan kepala desa di Rumeon. Kewenangan bupati untuk menunjuk karateker juga tak kunjung datang,” tutur Maryani, Selasa (3/8).

Jika kekosongan jabatan kades dibiarkan berlarut-larut, kata dia, maka masyarakat merasa dirugikan dalam pengelolaan pemerintahan desa. “Pada posisi seperti ini jelas masyarakat lagi yang akan dirugikan. Jika Pilkades tidak dilaksanakan, minimal ada penunjukan karateker desa oleh bupati,” ucapnya.

Baca juga: Perbatasan SBT-Malteng Diperketat

Ia menyarankan, pemerintah kabupaten SBT melalui dinas terkait segera melakukan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) sesuai amanat undang-undang. “Atau jika belum ada kesiapan, minimal penempatan karateker agar tidak terjadi kekosongan jabatan,” harapnya. (SOF)

Comment