by

Desa Samalagi Lanjutkan Program 2020

Sejumlah program 2020 yang belum terealisasi karena adanya pandemi Covid-19, akan diprioritaskan kembali pada program 2021 oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Samalagi, Kecamatan Waplau.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Samalagi, Hamzah Malawat, mengatakan, hal itu sesuai hasil penyusunan rencana kerja pembangunan desa (RKPDES) tahun anggaran 2022 Desa Samalagi, pada pelaksanaan Musrembangdes, pada Februari 2021 lalu.


Menerutnya, Musrembangdes yang dihadiri seluruh perangkat desa, ketua RT dan ketua RW, ketua dan anggota BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, tim monitoring kecamatan, pendamping desa serta perwakilan dari lembaga yang ada di desa, mendapat sejumlah usulan. Diantaranya, program yang belum terealisasi pada 2020 lalu, diprioritaskan kembali.

“Karena adanya Covid-19, makanya ada beberapa usulan yang tidak terealisasi tahun lalu itu, sekarang mau diprioritaskan untuk tahun anggaran 2021. Terutama yang menyangkut dengan pelaksanaan insfratruktur,” kata Hamzah, kepada BeritaKota Ambon, Kamis (29/4).

Dari hasil musrenbang yang ditetapkan tersebut, ada program prioritas yang akan selenggarakan tahun ini, yakni, pengadaan saluran dan juga pengadaan lampu jalan tenaga Surya sebanyak 3 unit.

Dia menambahkan, dalam program prioritas tahun ini difokuskan pada kegiatan fisik. Sementara pemberdayaan, akan menunggu jika ada sisa anggaran Dana Desa yang dialokasikan dari pembangunan fisik.

“Tahun ini kami fokuskan pada pembangunan fisik. Belum sampai pemberdayaan, karena anggaran kami tahun ini yang paling kecil di kecamatan Waplau. Nanti kalau ada sisa anggaran, baru kami akan sentuh ke pemberdayaan,” ungkapnya

Selain itu, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa juga menjadi kewajiban bagi setiap desa, untuk di prioritaskan selama setahun.

“Jadi kan, kalau ada usulan yang tidak di cover dalam RKPDes desa, itu nanti kita akan bawa ke tingkat kecamatan. Karena ini kan kita tidak mampu menampung semua usulan, apalagi DD tahun ini akan dipotong untuk BLT selama setahun. Jadi anggarannya sangat menipis,” pungkasnya. (MG-1).

Comment