by

Desa Waekerta Akan Fokus Pemberdayaan Masyarakat

Ambon, BKA- Pada 2021 mendatang, Pemerintah Desa (Pemdes) Waekerta, Kecamatan Waepo, Kabupaten Buru, akan memfokuskan programnya pada bidang pemberdayaan masyarakat.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Waekerta, Muhammad Basri Soamole, mengatakan, hal itu dilakukan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa tersebut.

“Untuk prospek kedepan, tahun anggaran 2021 itu saya utamakan program pemberdayaan masyarakat,” kata Basri kepada BeritaKota Ambon, Senin (21/12).

Selain pemberdayaan mayarakat, Pemdes Waekerta juga akan fokus pada hak-hak masyarakat, yang didalamnya itu Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

“Tetap ada pengawalan khusus. Untuk saya selaku kepala desa baru, agar bantuan itu bisa tersalur kepada masyarakat yang punya hak untuk mendapatkannya. Yang pasti, selaku kepala desa fungsi itu memantau dan melihat masyarakat mana yang punya hak untuk mendapatkan bantuan itu,” ungkapnya.

Dalam hal pembangunan, dirinya akan memprioritaskan perbaikan fasilitas kantor desa sebagai kantor pemerintah. “Pembangunan itu di kantor desa. Seperti WC dan kamar mandi, itu harus memadai. Itu harus memenuhi standar kan, karena bagimana pun ada kunjungan-kunjungan tamu dari kabupaten atau apa saja yang berbau tamu dari luar desa,” ujar Basri.

Dia juga akan fokus pada pembangunan jalan desa yang dianggap belum memadai untuk digunakan, karena belum diaspal. Sehingga jalan-jalan tersebut harus segera diaspal.

“Jalan desa itukan untuk sementara ini saya lihat tidak memadai. Karena belum diaspal, sehingga jalan-jalan itu sangat mengganggu aktivitas masyarakat, terutama saat hujan. Itu yang saya akan utama untuk 2021. Itu pasti,” kata dia.

Soamole juga sangat berharap agar program Indonesia Terang bisa menjangkau Desa Waekerta pada 2021 mendatang. “Terlepas dari itu, mungkin saya utamakan juga penerangan. Karena di Desa Waekerta itu memang kalau malam di depan jalan umum itu terang, tapi bagian lorong dan gang itu masih gelap. Maka akan diadakan lampu-lampu jalan. Memang ada program pemerintah Indonesia Terang, tapi sampai sekarang belum terealisasi di Desa Waekerta,” pungkasnya. (MSR)

Comment