by

Desa Waeleman Fokus Pembangunan Fisik

Ambon, BKA- Pemerintah Desa (Pemdes) Waeleman, Kecamatan Waeleta, memfokuskan pengelolaan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) tahun 2021 pada program pembangunan fisik.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Waeleman, Gahtan Pattimura, mengatakan, salah satu kendala yang sering dihadapi oleh desa itu, yakni, masalah banjir. Sehingga harus diselesaikan dalam bentuk program fisik.

Namun permasalahan itu tidak bisa diatasi oleh Pemdes tersebut sendiri. Melainkan membutuhkan bantuan Pemerintah Kabupaten Buru, karena membutuhkan anggaran yang cukup besar.

Yakni, pelurusan Sungai Waeapo sekitar 800 meter normalisasinya, pelurusan saluran pembuangan air dari Desa Waelo sampai ke Waeapo sekitar 4 km, berikutnya tanggul penahan air desa masuk itu sekitar 1 km.

“Memang untuk usulan-usulan itu, semua masuk. Setiap dampak banjir datang, kami punya dokumen-dokumen itu semua. Hanya karena memang realisasinya belum terlaksana. Kami paham bahwa Pemerintah Kabupaten Buru kan bukan saja milik Waeleman, tetapi milik 82 Desa. Jadi kami maklumi itu,” terangnya.

Namun dia sangat berharap, ada program pembangunan dari Pemerintah Kabupaten Buru yang bisa menyelesaikan permasalahan di Desa Waeleman.

Sedangkan untuk bantuan-bantuan sosial kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19 di Desa Waeleman pada 2020, katanya, sudah disalurkan semua.

“Anggaran untuk tahun 2020 Desa Waeleman itu capaiannya sudah hampir 90 persen, tinggal beberapa kegiatan pembangunan fisik yang harus kami fokuskan,” pungkasnya.(MSR)

Comment