by

Desa Waemorat Akan Pengadaan Lampu Emergency

Prioritas pertama penggunaan Dana Desa (DD) Waemorat, Kecamatan Batabual, tahun anggaran 2021, akan diperuntukan untuk pendanaan pengadaan lampu emergency dan program peningkatan kapasitas tim pendataan SDGs.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Waemorat, Mochdar Bugis, mengatakan, kedua program tersebut menjadi suatu kebutuhan mendasar bagi pembangunan desa kedepan.

Kedua program tersebut merupakan program prioritas Desa Waemorat 2021, sesuai perencanaan yang sudah di susun dalam RKP Desa.

“Untuk pembangunan yang kami baru jalan itu sesuai permintaan, yaitu, pengadaan lampu emergency. Setelah itu, pembagian SDGs yang meliputi Pendataan SDGs dan peningkatan kapasitas Tim SDGs,” kata Mochdar, kepada BeritaKota Ambon, Selasa (18/5).


Khusus untuk pengadaan lampu emergency, terangnya, ukurannya lebih kecil dibanding lampu solar cell. Kemudian harganya terjangkau, sehingga tidak menggunakan banyak anggaran.

Untuk 2021, ungkapnya, penggunaan DD dan ADD tahap I untuk pembiayaan pembangunan fisik, sangat terbatas. Sebab anggaran itu juga dialokasikan untuk membayar gaji aparatur desa unuk tri wulan pertama.

“Kalau untuk ADD itu kan terdapat gaji aparatur desa, gaji untuk tenaga PAUD, TPQ, kader Posyandu, bidan desa, dan lain-lain,” ungkapnya.

Mochdar menambahkan, selain kedua program tersebut, pemdes juga telah menyedikan anggaran DD tahap I ini untuk pembangunan TPQ. Namun realisasi baru akan dijalankan pada periode tri wulan kedua.

Selain itu, untuk Desa Waemorat, penggunaan DD dan ADD tahap I belum bisa difokuskan untuk penanganan Covid-19 atau penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT). Namun hal itu baru akan dilakukan pada pencairan DD tahap II.

“Untuk penanganan Covid-19 dan BLT, tahap ini belum masuk. Kami masih fokus reguler punya dulu, nanti di tahap kedua baru fokus di penanganan Covid-19 dan BLT,” pungkasnya (MG-1).

Comment