by

Desa Waeura Masuk Pronas Sertipikat Gratis

Ambon, BKA- Desa Waeura, Kecamatan Waplau, menjadi salah satu desa sasaran Program Nasional (Pronas) Sertipikat Tanah Gratis, yang akan dilaksanakan pemerintah pada 2021.

Proses pengukuran tanah untuk pembuatan sertipikat tanah gratis di Desa Waeura, direncanakan pekan ini.

Sebelumnya telah dilakukan sosialisasi pendataan pertanahan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Buru, terkait pembuatan sertipikat tanah gratis bagi warga desa tersebut, pada 30 Januari 2021 lalu.

Kegiatan sosialisasi itu dihadiri Kepala Seksi Pendataan Tanah Kabupaten Buru, Fera Amelia L Parera, yang didampingin Penjabat Kepala Desa (Kades) Waeura, Mahyudin Marasabessy.


Marasabessy mengungkapkan, sertipikat tanah gratis ini merupakan program pemerintah pusat kepada masyarakat, sebagaimana penyerahan 584.407 sertipikat tanah yang dilakukan Presiden RI, Joko Widodo, kepada masyarakat pada awal 2021 lalu, secara virtual, di 26 provinsi dan 273 kabupaten/kota di Indonesia.

“Iya, itu program nasional. Itu program pemerintahan Jokowi. Itu untuk sertipikat gratis untuk rakyat keseluruhan, tidak mengenal siapa pun dia,” kata Mahyudin kepada BeritaKota Ambon, Minggu (21/2).

Ia mengatakan, proses pengukuran tanah untuk pembuatan sertipikat gratis di Desa Waeura, direncanakan pada awal pekan. Sebab tim pengukuran sudah di Kecamatan Waplau.

“Sudah, sudah pengambilan data sekarang dan pengukuran sekarang, sudah masuk di Kecamatan Waplau. Sekarang dua desa sudah selesai, yakni, Desa Lamahang dan Waplau. Sekarang masuk Waeura, hari Senin besok (hari ini) pengukuran tanah di Waeura,” ungkapannya.

Kata Mahyudin, untuk data sementara tanah yang akan diukur sudah ada. Namun data itu akan ditambah, karena masih ada penambahan data lahan yang akan disertifikat.

“Kemarin itu kami baru pendataan, itu baru 53 orang. Tapi nanti ini akan melonjak, karena ada lahan-lahan yang belum tersertifikasi. Jadi belum ada angka yang pas,” paparnya.

Untuk itu, Pemerintah Desa Waeura mewakili masyarakat setempat berterima kasih kepada pemerintah, karena kebagian program sertipikat tanah gratis.

“Masyarakat berterima kasih kepada pemerintahan pusat, dalam hal ini pak Presiden Joko Widodo terkait dengan program yang dibutuhkan oleh masyarakat, yakni, program sertipikat gratis untuk masyarakat,” tutup Mahyudin.(MSR)

Comment