by

Desa Wayame Rembuk Stunting

AMBON-BKA, Cegah stunting di lingkungan, Pemerintah Desa Wayame, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon adakan rembuk stunting. Kegiatan yang berlangsung di kantor desa ini, melibatkan DP3AMD Kota Ambon, Kadis DPPKBN, serta dokter dari Puskesmas Rumah Tiga, Jumat (13/8).

Penjabat Desa Wayame, Noer A. La Saleman mengatakan, rembuk stunting dilakukan sesuai arahan dari pemerintah dalam menurunkan dan mencegah terjadinya stunting di lingkungan desa.

Baca juga: Warga Hative Kecil Dilatih Kelola Keuangan

“Ada 23 anak bayi umur 0 smpe 2 tahun di desa yang perlu dilakukan pencegahan stunting. Mereka akan diberi vitamin dan dilakukan pencegahan stunting,” tutur Noer.

Dijelaskan, stunting merupakan gagal tumbuh akibat akumulasi ketidakcukupan zat gizi yang berlangsung lama, dari kehamilan sampai usia 24 bulan.

“Hal ini sangat berpengaruh juga bagi daya pikir anak. Jika mereka terkonfirmasi stunting, otomatis daya pikir mereka sangat berbeda dengan anak-anak sebaya lainnya. Dampaknya juga bisa berlangsung pada mental anak,” terangnya

Baca juga: Laha Siap Kembangkan Bank Sampah

Noer berharap, dengan adanya rembuk stunting yang dilakukan oleh pihak desa dan stakeholder lainnya, dapat mencegah penyakit tersebut kepada anak-anak di Desa Wayame.

“Karena pengaruhnya sangat buruk bagi anak-anak, makanya harus dilakukan pencegahan dari sekarang. Saya juga minta agar orang tua juga bisa lebih memperhatikan anak-anak mereka. Rajin periksakan anak ke Posyandu,” pesannya. (BKA-2)

Comment