by

Desak Percepat Perda Pemekaran Banda

beritakotaambon.com – DPRD Maluku mendesak Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) beserta DPRD setempat, segera merealisasi Peraturan Daerah (Perda) tentang Pemekaran Kecamatan Banda sebagai daerah otonom baru.

“Pemerintah dan DPRD Malteng segera realisasikan mereka punya Perda Pemekaran Kecamatan Banda, jadi mereka harus cepat mentuntaskan Perda itu. Karena kebutuhan Banda sudah harus dimekarkan menjadi dua kecamatan yakni, Banda dan Banda Besar,” tegas anggota DPRD Maluku, Halimun Saulatu kepada wartawan di gedung DPRD Maluku, Karpan, Senin (6/9).

Menurutnya, Banda sudah harus dibentuk seperti otorita Batam. Karena jika tidak dilakukan percepatan pembangunan di Banda, akan menjadi lambat. Selain letaknya sangat jauh dari Kota Kabupaten, Banda juga memiliki banyak keunggulan, baik sektor pariwisata dan perkebunan. Sehingga perda tersebut harus segera dipercepat.

Baca juga:
BKD : Belum Ada Juknis Penghapusan Gaji 13 di 2022

“Dengan pemekaran tentunya, maka tentu langsung bisa melanjutkan otorita dan prosesnya sudah berlangsung cukup lama,” ujarnya.

Politisi Demokrat ini mengaku, sesuai kebutuhan, Banda sudah harus dimekarkan menjadi dua kecamatan. Yakni Kecamatan Banda dan Kecamatan Banda Besar.

Dengan berbagai keindahan alam, Banda selalu menjadi daya tarik bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara negara. Selain pariwasata, Banda juga memiliki banyak tempat bersejarah maupun hasil laut yang cukup melimpah. Karena itu harus dimekarkan menjadi dua kecamatan demi percepatan pembangunan infrastruktur.

“Info yang saya dapat, ranperda sudah di usulkan tinggal dilakukan pembasahan. Makanya sebagai wakil rakyat dapil Maluku Tengah, Saya minta dipercepat pembahasannya biar masyarakat Banda bisa tertolong,” tutup Halimun. (RHM)

Comment