by

Desak Walikota Perbaiki TPU Khusus Covid-19

AMBON-BKA, DPP Perhimpunan Anak Negeri Jazirah Leihitu (Hena Hetu) Maluku, kembali mendesak Walikota Ambon, Richard Louhenapessy untuk segera memperbaiki Tempat Pemakaman Umum (TPU) Khusus Covid-19 yang berlokasi di kawasan Desa Hunuth, Kecamatan Teluk Ambon.

Pasalnya, hingga saat ini Pemerintah Kota Ambon belum juga membangun talud penahan tanah dan drainase di sekitar area pemakaman. Sehingga ketika hujan deras, serpihan tanah terbawa air hingga menutupi badan jalan.

Para pengendara bahkan mengeluh karena kesulitan melintasi jalan penghubung Kecamatan Leihitu, kabupaten Maluku Tengah dengan Kota Ambon itu.

“Mewakili Hena Hetu, kami mendesak agar pak Walikota Ambon segera memperbaiki area pemakaman Covid-19. Karena setiap hujan, masyarakat di Jazirah Leihitu dan sekitarnya selalu kesulitan melintasi jalan tersebut. Ini harus segera diperbaiki, agar tidak terjadi longsor dan menyusahkan masyarakat selaku pengendara,” tegas Juru Bicara (Jubir) DPP Hena Hetu, Rauf Pellu, saat menghubungi koran ini, Kamis (22/7).

Rauf yang juga Praktisi Hukum ini menilai, walikota Ambon bisa dipidana karena telah mengganggu ketertiban umum. Sebab, setelah lahan tersebut dijadikan sebagai pemakaman khusus Covid-19 dan diserahkan ke Pemerintah Kota Ambon, maka itu menjadi tanggung jawab walikota.

“Pak Walikota bisa dipidana karena telah mengganggu ketertiban umum. Tempat pemakaman itu ketika dibiarkan longsor dan menutupi badan jalan, justru mempersulit masyarakat untuk melintasi jalan umum. Maka itu kami mendesak agar segera diperbaiki. Jangan sampai ada korban baru mau bertindak,” tuturnya.

Dengan kondisi musim penghujan saat ini, lanjut dia, area pemakaman selalu terjadi longsor. Karena talud penahanan tanah yang dijanjikan sebelumnya akan dibangun, belum juga dituntaskan.

“Warga selalu kesulitan ketika melintasi jalan sekitar pemakaman Covid-19 itu. Karena belum dibangun talud penahanan tanah di sekitar pemakaman. Belum lagi lokasi pemakaman Covid ini kan di area ketinggian, makanya setiap hujan jalan itu selalu dipenuhi tanah longsoran dari lokasi pemakaman. Ini yang harus diperbaiki secepatnya,” harapnya. (UPE)

Comment