by

Desk Evaluasi, Kemenkumham Maluku Masuk Tahap Wawancara

Pelaksanaan Desk Evaluasi Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM), Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maluku memasuki tahap wawancara.

Setelah sebelumnya dilakukan evaluasi dokumen 6 area perubahan pada aplikasi E-RB Kemenkumham dan pemeriksaan data manual Lembar Kerja Evaluasi (LKE), Rabu (2/6).
Kegiatan itu, diawali dengan Pengenalan Tim Kelompok Kerja (Pokja) Zona Integritas oleh Kepala Kakanwil Kemenkumham Maluku, Andi Nurka, kepada Tim Penilai Internal (TPI) Inspektorat Wilayah II. Kemudian bersama dengan beberapa perwakilan dari tiap divisi, Andi kemudian menyorakkan Yel-yel ZI Kemenkumham Maluku siap WBK.

Dilanjutkan dengan pemaparan 6 area perubahan oleh Andi dimulai dari Manajemen perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Penguatan Pengawasan dan yang terakhir Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

“Kanwil maluku telah berupaya semaksimal mungkin untuk meraih predikat WBK-WBBM, inovasi-inovasi yang dilakukan telah diberlakukan dan mendapatkan respon positif dari penerima layanan di sini. Kedepannya kami akan berusaha lebih giat lagi dalam penyiapkan layanan prima serta berperan mendorong satuan kerja di wilayah Kemenkumham Maluku, untuk meraih predikat WBK-WBBM,” terang Andi.

Menutup desk evaluasi, Pengendali Teknis Tim Pengawasan Internal, Qolbin Salim menambahkan, inovasi yang telah dilaksanakan Kanwil Kemenkumham Maluku sudah baik. Tetapi inovasi layanan yang utama harus lebih menjadi titik berat dalam presentasi berikutnya nanti.

“Terima kasih pak kakanwil dan jajaran, inovasi yang di buat kanwil maluku sudah cukup baik. Tetapi ada baiknya inovasi yang menjadi andalan di sini lebih ditonjolkan lagi, dalam presentasi-presentasi berikutnya. Serta testimoni dari penerima layanan ditambahakan lagi dalam video profile,” pesan Qolbin. (UPE)

Comment