by

Diharapkan Kreatifitas Siswa Meningkat

Ambon, BKA- Meski proses pembelajaran masih dilakukan secara Daring dan Luring, namun siswa diharapkan untuk terus mengasah dan meningkatkan kreativitasnya.

Hal itu penting untuk diperhatikan, ungkap Kepala SD Negeri 86 Ambon, B. Bernhad. Sebab sejak adanya pandemi Covid-19, siswa tidak lagi belajar sesuai tuntutan kurikulum yang berlaku. Melainkan sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan mereka.

“Artinya, apa yang mau dilakukan oleh siswa, silahkan saja. Sepanjang itu bermanfaat bagi peningkatkan kreativitas, disamping memang ada materi-materi penting yang harus diketahui. Jika anak-anak bisa gunakan kesempatan BDR ini dengan baik, saya kira ini sangat bermanfaat. Itu yang kita harapkan,” ujar Bernhad, Selasa (10/11).

Menurutnya, salah satu tujuan dari penyederhanaan materi pembelajaran, yakni, untuk mengantisipasi kejenuhan BDR. Sehingga sangat diharapkan orangtua pun dapat berperan membantu sekolah mendampingi siswa selama belajar.

“Itu penting untuk diperhatikan, supaya mereka tetap memiliki semangat untuk belajar di rumah. Tidak hanya fokus pada materi pelajaran yang diberikan oleh guru. Sehingga tidak harus belajar dari buku pelajaran, tapi juga bisa belajar ketrampilan dari orangtua atau pun aktivitas lainnya yang dapat tingkatkan ketrampilan. Itu maksud dari kita berikan ruang untuk belajar apa saja di rumah,” paparnya.

Saat ini, lanjutnya, berbagai upaya telah dilakukan oleh guru maupun orangtua, demi kebaikan siswa, agar jangan sampai pandemi Covid-19 ini membuat mereka tertinggal dari segi ilmu pengetahun dan teknologi serta ketrampilan.

“Kita doakan, semua upaya yang kita lakukan dapat bermanfaat bagi anak-anak. Dengan tetap mengikuti arahan dan himbauan pemerintah, yakni, tetap di rumah, belajar dan bekerja. Mudah-mudahan, kita cepat kembali ke zona hijau,” harap Bernhad. (LAM)

Comment