by

Diklat Penguatan Kepsek Resmi Ditutup

Ambon, BKA- Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pumda dan Olahraga (Dikbudpora), Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Sidik Rumalowak resmi menutup kegiatan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Penguatan Kepala Sekolah (Kepsek).

Diklat tersebut digelar oleh Lembaga Pengembangan Pemberdayaan Kepala Sekolah dan Pengawasan Sekolah (LPPKSPS), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Kegiatan penutupan ini berlangsung di kantor Dikbudpora SBT, Rabu (04/11). Dihadiri 53 kepala sekolah, staf dan pegawai di lingkup dinas setempat, beserta panitia penyelenggara Diklat dari Kemendikbud RI.

Dalam sambutannya, Sidik meminta konsentrasi penuh dari 53 kepsek yang dinyatakan lolos dalam mengikuti Diklat tersebut.

“Untuk meyakinkan teman-teman dalam proses Diklat selama kurang lebih lima hari itu, dapat dibuktikan dengan kerja-kerja di lapangan dengan baik,” ucapnya.

Dirinya juga menyampaikan, semua guru yang mengikuti Diklat ini harus mampu menerapkan semua pengalaman yang di peroleh selama mengikuti Diklat.

“Semua guru harus kembali dan menerapkan ilmu yang dimiliki saat ini. Buka mata, buka langkah, untuk kembali mengabdi,” pesannya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) SBT ini, juga menantang kinerja para Kepsek setelah nantinya kembali bertugas. “Saya juga menantang siapa yang duluan menerapkan pengetahuan yang dimiliki selama Diklat ke peserta didik. Negeri ini baik dan tidak tergantung pada pundak bapa ibu guru yang memberikan pendidikan,” ujarnya.

Panitia penyelenggara Diklat dari Kemendikbud RI, Sucipto menambahkan, selama Diklat berlangsung, dananya dibiayai oleh Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Pihaknya juga menyampaikan terima kasih atas kerjasamanya Dikbudpora SBT dengan Kemendikbud RI, dalam penyelenggaraan Diklat tersebut.

“Kami juga memberikan apresiasi ke kepala dinas pendidikan, karena telah memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini” imbuhnya.

Sucipto menjelaskan, penguatan kepala sekolah tahun 2020 ini telah berakhir. Dan waktunya akan dilanjutkan sampai pada 2021.

“Tidak sampai disini, kegiatan ini akan berlanjut sampai 2021. Dan apabila SBT masih mendapat kesempatan, maka akan kembali dilakukan Diklat kedua kalinya disini,” tutup Sucipto. (BKA-2)

Comment