by

Dinkes Ambon Antisipasi DBD

Ambon, BKA- Kendati masih di awal tahun, Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy telah menghimbau agar masyarakat tetap mengantisipasi penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), sesuai protokol yang telah ditetapkan.

“Baru awal bulan, tetapi kita harus bisa mengantisipasi dengan tetap puskesmas memberikan penyuluhan-penyuluhan,” ungkapnya, kepada awak media di Balai Kota, Kamis (7/1).

Menurut Wendy, kota Ambon saat ini belum memasuki musim pancaroba. Namun dengan adanya potensi hujan lebat yang terjadi akibat fenomena La Nina sesuai prakiraan BMKG, maka cuaca belakangan ini sering mengalami hujan deras.

Dan hal inilah yang perlu diantisipasi masyarakat, karena dengan cuaca hujan bisa memicu perkembangbiakan jentik nyamuk DBD. Sehingga perlu diantisipasi masyarakat.

“Kondisi ini yang memungkinkan mudahnya berkembang biaknya jentik nyamuk demam berdarah itu sendiri. Oleh karena itu, masyarakat tetap dihimbau untuk tetap kita melakukan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat),” tuturnya.

Wendy juga mengaku, PHBS bukan saja untuk mencegah penyakit DBD. Tetapi, bisa juga buat menekan tingkat penyebaran Covid-19. Dan jika warga bisa patuh dengan protokol tersebut, maka segala penyakit kemungkinan bisa terhindar.

“PHBS juga didalamnya PHBS terhadap Covid-19 begitu. Pembersihan lingkungan dengan melakukan 3M. Tetap menutup benda-benda yang tidak dipakai. Kemudian kita bisa melakukan keberhasilan dengan lebih baik,” pintanya.

Lebih lanjut, harap Wendy, dengan kondisi warga yang sementara prefer dengan Covid-19, bisa mencegah terjadinya DBD di Kota Ambon.

“Mudah-mudahan dengan kondisi masyarakat yang semakin prefer dengan kondisi Covid-19. Dengan perilaku hidup bersih dan sehat ini juga, bisa menekan angka terjadinya demam berdarah itu sendiri,” kunci Wendy. (IAN)

Comment