by

Dinkes : Banyak Pasien Covid-19  Isoman

beritakotaambon.com – Sesuai data Dinas Kesehatan Kota Ambon, sekitar 61 pasien terkonfirmasi Covid-19 masih menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah masing-masing.

“Saya tidak hafal berapa pasien yang Isoman. Tapi paling banyak pasien Covid-19 Isoman,” terang Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy, kepada wartawan di Balai Kota, Senin (13/9).

Menurut Wendy, tempat isolasi terpusat untuk pasien Covid-19 di Kota Ambon hanya tersisa satu di Hotel Everbright. Sementara milik Pemerintah Provinsi Maluku ada di di Asrama Haji, Waiheru.

Baca juga: Hari Ini Data Skoring Zonasi Keluar

“Kan sekarang yang beberapa Rumah Sakit Lapangan (Tempat Isolasi Pusat) itu sudah kita tutup. Sekarang hanya Hotel Everbright. Dengan Pemerintah Provinsi punya satu di Asrama Haji,” sebut Wendy.

Wendy mengaku, pasien Covid-19 yang sementara dirawat di tempat isolasi terpusat milik Pemerintah Kota Ambon hanya ada 10 orang. “Di Everbright itu ada 10 pasien yang dirawat,” beber Wendy.

Sementara di Asrama Haji, sambung dia, sekitar 15 pasien terkonfirmasi Covid-19 yang menjalani isolasi. “Asrama haji sekitar 15. Saya belum cek hari ini (kemarin-red), mungkin ada yang sudah keluar. Jadi total pasien Covid-19 di Kota Ambon yang sementara dirawat ada 61 orang. Dari 61 pasien ini, ada yang dirawat di rumah sakit lapangan ada juga Isoman. Tapi paling banyak itu Isoman,” sebutnya.

Disinggung soal data Covid-19 kota Ambon sebanyak 135 orang yang dirilis Satgas Provinsi Maluku, Wendy membantah. “135 mana? Kita punya data pasien Covid-19 itu 61 saja,” tegasnya.

Dikatakan, pihaknya lebih tahu data pasien Covid-19 Kota Ambon dari pada Satgas Provinsi Maluku. “Kita kan lebih tahu kita punya data. Dari tim Satgas Desa dan Kelurahan semua kita cocokan data. Data kita, data rill di lapangan,” pungkasnya. (IAN)

Comment