by

Dinkes Diingatkan Maksimal Cegah DBD

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon diingatkan maksimal melakukan pencegahan terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), mengingat kondisi kota Ambon yang sudah memasuki musim penghujan. Yakni dengan melakukan fogging atau pengasapan di seluruh permukiman warga.

“Kita inginkan agar pencegahan DBD ini bisa maksimal, apalagi ini sudah musim penghujan. Jika tidak maksimal, takutnya angka DBD di kota Ambon justru naik. Ini yang harus diantisipasi dinas kesehatan, agar maksimal melakukan pencegahan seperti pengasapan secara merata di semua daerah permukiman warga,” tandas Sekretaris Komisi I DPRD Kota Ambon, Saidna Azhar Bin Tahir, saat dihubungi koran ini, Senin (24/5).

Politisi PKS mengaku, persoalan DBD, sebelumnya sudah dibahas di komisi bersama dinas kesehatan selaku mitra. Namun hal tersebut dinilai belum maksimal, karena masih banyak warga yang menginginkan agar dilakukan pencegahan DBD, salah satunya dengan cara penyemprotan.

Sehingga perlu direspon oleh dinas terkait, untuk bisa melakukan pengasapan DBD dengan melibatkan pihak-pihak kelurahan atau desa/negeri hingga perangkat RT/RW. Sehingga upaya pencegahan dapat maksimal dan warga bisa terhindar dari penyakit mematikan ini.

“DBD ini penyakit mematikan, maka harus diseriusi sebelum jatuh korban. Saat musim penghujan, tentu perkembangbiakan nyamuk lebih meningkat. Kalau memang sudah dilakukan sosialsiasi, maka langkah pencegahan juga perlu seperti pengasapan atau lainnya. Perlu juga libatkan perangkat desa kelurahan sampai RT/RW, sehingga pencegahan benar-benar maksimal,” saran dia.

Dalam waktu dekat, lanjut Saidna, persoalan ini nantinya disampaikan kepada komisi untuk dilakukan rapat internal. Setelah itu baru akan mengundang Dinas Kesehatan Kota Ambon untuk mempertanyakan sejauh mana proses pencegahan terhadap DBD dilakukan.
Dirinya juga akan mempertanyakan daerah-daerah mana saja yang belum dilakukan fogging atau pengasapan, sehingga bisa diketahui dan dapat ditindaklanjuti oleh dinas terkait.

“Nanti setelah kita internal, baru kita akan undang Dinkes dan tanyakan daerah-daerah mana yang belum lakukan pengasapan. Jangan hanya sebagian wilayah saja yang dilakukan pengasapan, tetapi harus merata di semua wilayah penduduk. Sehingga pencegahan DBD benar-benar maksimal,” tutupnya. (UPE)

Comment