by

Dinkes : Hasil Swab di BTKL-PP Harus Antri

Hasil swab test bagi pasien Covid-19 yang diuji pada Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Kelas II Ambon harus antri. Sebab, bukan hanya swab pasien Kota Ambon saja yang diuji di BTKL-PP, melainkan juga swab pasien kabupaten/kota lainnya di Maluku.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon, Wendy pelupessy menyebutkan, akibat hal itu, hasil swab pasien Covid-19 bisa keluar paling lama 6 sampai 7 hari kedepan. Sehingga keluarga pasien diminta agar bisa memahami kondisi yang terjadi. “Sekarang 6 sampai 7 hari baru hasil Swab keluar,” sebut Wendy, kepada Wartawan di Balai Kota, Selasa (13/7).

Menurut dia, sebelumnya hasil swab pasien keluar dari BTKL-PP paling lama hanya dua sampai tiga hari. Dan saat ini, spesimen pasien Covid-19 yang dimasukkan ke BTKL-PP ini sangat banyak. “Awalnya itu hanya 2 atau 3 hari. Spesimen masuk sekarang antri,” terangnya.

Diakuinya, hal tersebut menjadi masalah pada pihaknya saat ini. “Ini yang masalah. Apakah harus dibuka atau tambah lab yang bisa uji spesimen pasien?,” Tanya dia.

Dijelaskan, untuk menekan angka terkonfirmasi positif Covid-19 di Ibukota Provinsi Maluku ini, baiknya masyarakat stay home atau diam di rumah.

“Paling utama untuk memutus mata rantai Covid-19 ini adalah stay home. Semakin banyak orang yang tinggal dirumah, semakin berkurang orang terpapar Covid-19,” sarannya. (IAN)

Comment