by

Dinkes Jelaskan Tingginya Angka Kematian Covid-19

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy menjelaskan, penyebab tingginya angka kematian pasien yang divonis terpapar Covid-19. Diakuinya, alasan tingginya kasus kematian karena masyarakat tidak terbuka ketika sudah memiliki gejala-gejala Covid-19.

“Tidak terbukanya warga tentang gejala yang dialami, itu yang membuat angka kematian akibat Covid meningkat,” sebut Wendy, kepada awak media, Kamis (15/7).

Dijelaskan, jika warga bisa terbuka soal masalah tersebut, yang pasti pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan pencegahan.

“Kalau dia tertolong lebih cepat, ketika dia sembuh atau meninggal pun sudah dalam keadaan sembuh dari covid, tidak lagi dalam keadaan terkonfirmasi covid,” terangnya.

Untuk itu, Wendy menyarankan, agar setiap warga yang mengalami gejala-gejala wabah Corona, secepatnya lapor ke fasilitas kesehatan seperti puskesmas terdekat.

Menurutnya, penyakit komorbid atau penyakit penyerta tidak akan membawa seseorang dengan cepat meninggal jika protokol kesehatan itu dilaksanakan dengan baik. Sehingga diharapkan, masyarakat lebih meningkatkan protokol kesehatan dan terbuka jika ada gejala yang. Sehingga pihak medis bisa dengan cepat melakukan penanganan.

“Protokol kesehatan itu harus ditingkatkan. Begitu juga dengan vaksinasi. Warga harus vaksin. Vaksinasi itu sama dengan protokol kesehatan,” tutupnya. (IAN)

Comment