by

Dinkes SBT Distribusi Vaksin ke Kecamatan

Ambon, BKA- Pendistribusian vaksin Covid-19 baru mulai dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Seram Bagian Timur (SBT) bersama Gugus Tugas Covid-19 ke 15 Kecamatan yang merupakan wilayah kepulauan.

“Mulai hari ini (kemarin), sejumlah kecamatan di wilayah kepulauan akan didistribusikan vaksin dengan menggunakan Kapal Laut KM. Fajar Baru, pada pukul 22.00 WIT,” ungkap Plt Kepala Dinkes SBT, Malik Ridwan Malaka Yusuf, di ruang kerjanya, Selasa, (02/02).
Kata Malaka, kecamatan yang didistribusikan vaksinnya kemarin malam diantaranya, Kecamatan Pulau Gorom, Kecamatan Gorom Timur, Kecamatan Pulau Panjang, Kecamatan Teor dan Kecamatan Kesuy-Watubela.

“Jadi malam ini (tadi malam) juga vaksin didistribusikan dengan Kapal Laut KM. Fajar Baru, ke lima belas kecamatan. Dan akan dikawal ketat oleh pihak keamanan,” kata Malaka.
Sementara untuk pendistribusian vaksin ke kecamatan yang satu daratan dengan Ibu Kota Kabupaten, sambung dia, baru akan dilakukan pada Rabu hari ini. “Kita sudah bagi dalam tiga tim. Tim satu dan dua akan melakukan pendistribusian besok (hari ini). Malam ini (tadi malam), tim tiga yang sudah jalan,” sebutnya.

Terkait tahapan vaksinasi, Malaka akan dilakukan prosesnya secara serentak pada Jumat besok di kota Bula, SBT. “Di Kota Bula, kita akan mulai proses vaksinasi secara serentak. Lokasinya di RSUD Bula. Dan akan diikuti semua puskesmas di kecamatan,” katanya.
Disinggung soal kesiapan peserta yang nantinya divaksin, Malaka menilai, akan dimulai dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) SBT, unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan tenaga kesehatan. “Yang sudah siap untuk divaksin, Kepala Kejaksaan Negeri SBT, Kepala Pengadilan Agama Dataran Hunimoa,” ucapnya.

Ditambahkan, peserta yang akan menjalani vaksinasi dilakukan proses pemeriksaan kesehatan terakhir. “Untuk peserta, akan dilakukan pemeriksaan kesehatan terakhir besok. Satu hari jelang vaksinasi,” tutupnya. (SOF)

Comment