by

Dinsos Kesulitan Vaksin ODGJ

beritakotaambon.com – Setelah merencanakan vaksin terhadap anak jalanan, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Ambon berencana melakukan vaksin Covid-19 terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Namun hal tersebut diakui sangat sulit dan butuh koordinasi dengan pihak Rumah Sakit Khusus Jiwa (RSKJ).

Kepala Dinsos Kota Ambon, Nurhayati Jassin mengatakan, hingga kemarin, ODGJ yang ada belum juga menerima penyuntikan vaksin.

“Kalau ODGJ yang berkeliaran pasti kita belum vaksin. Kita harus koordinasi dengan RSKJ, sebab kita tidak mungkin vaksin mereka begitu saja,” terang Jassin, kepada wartawan, Senin (30/8).

ODGJ saat bertemu petugas Dinsos di jalan, sambung dia, langsung lari dan bersembunyi. Sehingga menangkap ODGJ untuk divaksin, tentu sangat sulit. Namun bagi ODGJ yang telah tertangkap oleh petugas, akan mudah untuk divaksin.

Baca juga: PBM Ditengah Pandemi Tidak Maksimal

“Mereka (ODGJ) lihat kita saja mereka sudah lari. Sehingga menyulitkan kami untuk menangkap mereka agar dilakukan vaksinasi Covid-19. Terkecuali dia yang sementara kami bawa mereka ke pengobatan di RSKJ. ODGJ di RSKJ itukan semua sudah terkontrol, hingga mudah untuk divaksin,” jelasnya.

Disinggung apakah ODGJ yang berada di RSKJ sudah divaksin atau belum, Jassin mengaku, ODGJ yang sudah masuk RSKJ bukan menjadi tanggung jawab Dinsos. “Kalau ODGJ di RSKJ kan itu sementara tanggung jawab pihak RSKJ. Karena sementara ODGJ dibawah tanggung jawab mereka karena dirawat disana,” imbuhnya.

Dirinya juga mengaku, kemungkinan ODGJ yang di RSKJ sudah terima vaksin Covid-19. “Di RSKJ karena ada vaksinasi orang disana juga, berarti mungkin ODGJ juga divaksin,” tutupnya. (IAN)

Comment