by

Disdik Ambon Diminta Secepatnya Terapkan Kurikulum Darurat

Ambon, BKA- Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ambon diminta secepatnya menerapkan kurikulum darurat, karena sangat diperlukan dalam proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Menurut Kepala SD Inpres 28 Nania, Stev Salmon, sebelum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerbitkan kurikulum darurat tersebut, sekolah yang dipimpinnya itu sudah menyederhanakan kurikulum secara mandiri.

Namun mengingat, Disdik Kota Ambon akan menyeragamkan kurikulum tersebut, sehingga dia meminta untuk secepatnya diterapkan, agar bisa diterapkan oleh sekolah.

“Jadi kita sudah sederhanakan kurikulum secara mandiri, sejak Kota Ambon kembali berstatus zona merah beberapa waktu lalu. Bersamaan dengan itu, Kemendikbud terbitkan keputusan Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. Sehingga kita langsung sesuaikan. Tapi katanya, dinas mau seragamkan pola pendidikannya. Sehingga kita juga harus sesuaikan. Karena itu, diharapkan secepatnya aturan itu diturunkan,” ujar Salmon, Jumat (4/9).

Berdasarkan keputusan Kemendikbud, kata Salmon, memang sekolah sudah diberikan kesempatan untuk memilih opsi yang tepat, sesuai dengan kebutuhan siswanya. Namun karena dinas menginginkan adanya keseragaman, sehingga perlu dilakukan penyesuaian sesuai yang diatur oleh dinas.

“Namun kita juga harapkan, apa yang dibuat oleh dinas tidak jauh dari harapan kita. Karena setiap sekolah itu karakternya berbeda-beda, juga kemampuan siswa yang tidak sama. Karena itu, tidak mungkin kita sesuaikan dengan sekolah lain yang dari segi fasilitas atau kemampun siswa itu mendukung. Misalnya di SD Inpres 28 Nania, banyak siswa bahkan orangtua yang tidak memiliki Hp android, mengakibatkan kita juga sedikit kewalahan kalau mengikuti pembelajaran dari guru sesuai K13 yang seutuhnya. Sehingga kita ambil langkah untuk sederhanakan saja, biar siswa juga bisa belajar sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan mereka disaat ini. Tapi karena dinas mau untuk seragamkan, sehingga kita minta itu dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita juga,” harapnya.(LAM)

 

Comment