by

Disdik Ambon Keluarkan Edaran Vaksinasi Anak

AMBON-BKA, Upaya memutus mata rantai Covid-19 terus dilakukan Pemerintah Kota Ambon lewat progam vaksinasi yang dijalankan Dinas Kesehatan. Vaksinasi yang dikhususnya bagi anak usia 12-17 tahun, ini telah ditindaklanjuti Dinas Pendidikan (Disdik) setempat dengan mengeluarkan surat edaran.

Proses pelaksanaan vaksin bagi anak dibawah 18 tahun ini, sudah dilakukan sejak beberapa hari kemarin. Dan sejumlah puskesmas yang tersebar, menjadi lokasi penyuntikan vaksin khusus anak usia 12-17.

Sementara edaran yang dikeluarkan Disdik Kota Ambon, khusus bagi para siswa-siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) agar bisa mengikuti program vaksinasi itu. Edaran dimaksud menjelaskan, kalau penyuntikan vaksin terhadap anak usia 12-17 tahun harus ada persetujuan dari orang tua siswa. Guna melancarkan proses vaksinasi.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Fahmi Salatalohy mengaku, sesuai data pihaknya, sebanyak 1.000 siswa yang bisa menerima vaksin tersebut. Data ini telah diserahkan ke Dinas Kesehatan Provinsi Maluku.

Baca juga: Tim PPKM Ahusen Pantau Aktivitas PKL

“Kurang lebih sekitar satu Minggu kita melakukan pendataan siswa SMP yang akan terima vaksin. Tinggal menunggu jadwal pelaksanaan vaksin untuk 1000 siswa ini,” tutur Fahmy, kepada wartawan, Rabu (4/8).

Terpisah, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Ambon, Roberth Chandra mengaku, progam vaksinasi khusus buat anak usia 12-17 tahun ini mulai dilakukan pada Minggu pertama Agustus 2021 kemarin.

“Kita berikan jatah untuk vaksinasi anak usia 12-17. Minggu pertama dalam Bulan Agustus, kita mulai melaksanakan vaksinasi anak usia 12-17 tahun. Di semua puskesmas di Kota Ambon,” bebernya.

Terang dia, vaksinasi anak usia 12-17 tahun telah dilaksanakan di Kota-kota besar, dengan menggunakan vaksin Sinovac. ” Sampai sekarang tidak ada keluhan dari masyarakat terkait ini, ” sebutnya.

Chandra menilai, dosis vaksin sinovac yang diberikan kepada anak usia 12-17 tahun, sama dengan orang dewasa. Yaitu dua kali penyuntikan dengan jangka waktu 28 hari atau empat minggu.

“Sebelum kita lakukan vaksin terhadap anak usia 12-17 ini, terlebih dulu kita melakukan pemeriksaan. Apakah yang bersangkutan bisa disuntik atau tidak. Kita laksanakan sesuai prosedur. Terkait dengan vaksinasi ini, kita punya sebanyak 30 ribu anak di Kota Ambon. Vaksin yang kita gunakan dalam vaksinasi anak 12-17 ini adalah Sinovac. Dijamin aman dan halal,” pungkasnya. (IAN)

Comment