by

Disdik Ambon Kembali Lakukan Simulasi

Ambon, BKA- Sekretaris Dinas Pendidikan (Sekdisdik) Kota Ambon, Merry Mairuhu, memastikan, akan kembali melakukan simulasi bagi peserta Asesmen Nasional (AN).

Sebelumnya, Dinas Pendidikan Kota Ambon sudah pernah melakukan simulai pelaksanaan AN pada 2020 lalu. Tapi karena ada penundaan jadwal pelaksanaan AN, maka hal itu akan dilakukan lagi pada 2021 ini.

Simulai itu penting dilakukan, katanya, karena siswa yang mengikuti simulai AN sebelumnya, tidak bisa mengikuti AN lagi pada 2021.

“Jadwal asesmen pada awalnya itu akan dilakukan pada bulan Maret dan April. Nah, sekarang aturan baru keluar itu nanti baru dilakukan di bulan September dan Oktober ini. Persoalannya adalah, kita sudah lakukan simulasi untuk kelas V SD, dan Kelas VIII SMP untuk asesmen bulan Maret, melibatkan 30 sekolah. Dengan terjadi penundaan ini, maka secara otomatis, siswa yang harus ikut adalah kelas baru tahun ajaran 2021/2022. Jadi yang nanti ikut adalah siswa SD yang sekarang kelas IV SD dan kelas VII SMP. Jadi nanti akan kita lakukan simulasi ulang untuk kelas-kelas itu,” kata Mairuhu, Rabu, (27/1)

Sementara terkait rencana simulasi kapan dilakukan, lanjut Maihuru, pihaknya belum bisa memastikan. Karena harus melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan pihak Lembaga Penjaminan Mutu Pendididikan (LPMP) Maluku.

“Jadi nanti dikoordinasikan dangan LPMP selaku penjaminan mutu Provinsi Maluku. Karena sumulasi sebelumnya itu, kita kerjasama. Kan soal asesmen ini tidak berbeda jauh dengan Ujian Nasional (UN). Karena tetap ada soal-soal yang harus siswa kerjakan. Kemudian hasilnya dinilai oleh masing-masing wali kelas. Seperti ujian komputer yang dulunya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Untuk persiapan simulasi nanti, akan tetap kita sesuai dengan regulasi yang baru,” pungkasnya.(LAM)

Comment