by

Disdik Bentuk Tim Gugus Jadwalkan BTM

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ambon membentuk tim gugus, untuk menilai kesiapan semua sekolah untuk lakukan Belajar Tatap Muka (BTM) di tahun ajaran baru 2021/2022.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Pertama di Disdik Kota Ambon, Neles Moniharapon, mengatakan, sekolah akan diijinkan BTM, jika sudah memenuhi persyaratan penerapan protokol kesehatan dengan baik.

“Jadi untuk persiapan BTM, kami di Dinas Pendidikan sudah menyiapkan tim gugus. Tim ini nantinya turun ke setiap sekolah, agar melihat kesiapan sekolah dalam melakukan BTM,” terang Moniharapon, Jumat (4/6).

Penilaian akan dilakukan mulai dari tempat cuci tangan, kesediaan hand sanitizer, pengaturan jarak siswa, sampai dengan cara sekolah mempertahankan prokes.

“Itu kami nilai mulai dari tempat cuci tangan, hand sanitizer, penyemprot desinfektan, cara pengaturan jam masuk siswa, dan jarak antar siswa. Kami juga memperhatikan cara sekolah memback-up agar siswa tetap memakai masker, saat proses belajar nantinya,” jelasnya.

Namun semua keputusan terkait hal itu, kata Moniharapon, berada pada Walikota Ambon. Pihaknya hanya melakukan persiapan, agar BTM tetap mengikuti protokol kesehatan yang masih diterapkan di Kota Ambon.

“Setuju atau tidak, kami hanya tergantung pada keputusan walikota. Seperti apa putusan beliau, akan tetap kami jalankan. Yang penting kami sudah melakukan persiapan, agar ketika murid belajar tatap muka sekolah sudah siap,” tegasnya.

Tim gugus tugas, lanjutnya, telah mulai melakukan penilaian ke setiap sekolah 4 Juni kemarin. Setiap tim terdiri dari tiga hingga empat orang, yang dibagi berdasarkan kecamatan.

“Kami mulai jalan hari ini. Ada lima tim, karena setiap kecamatan punya satu tim. Itu satu tim terdiri dari tiga atau empat orang,” tutup Moniharapon.(BKA-1)

Comment