by

Disdik Gelar Amboina Award 2021

beritakotaambon.com – Berbagai upaya kreatif terus dilakukan Dinas Pendidikan Kota Ambon, guna meningkatkan kualitas pendidikan di masa pandemi Covid-19. Salah satunya dengan menggelar lomba bagi guru dan siswa dengan pemanfaatan teknologi informasi (TI)

Hal ini menjadi latar belakang Dinas Pendidikan Kota Ambon menggelar Lomba Kreatifitas Guru dan Anak Amboina Award 2021, dengan Lomba Video Pembelajaran Bagi Guru, serta Lomba Bacarita (bercerita) bagi Siswa Paud (KB dan TK), SD serta SMP yang bertemakan “Harapan di Masa Pandemi”.

Setelah penilaian panjang para juri terhadap video yang dikirimkan peserta sejak Agustus 2021, Amboina Award 2021 pun mencapai puncaknya dengan pengumuman nominasi dan penganugerahan trophy.

Kegiatan yang berlangsung di Balai Kota Ambon, Senin, (27/9), turut dihadiri Bunda Paud dan Bunda Literasi Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, Bunda Paud Kota Ambon, Debbie Louhenapessy, serta Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler.

Widya Pratiwi dalam sambutannya mengatakan, sudah lebih dari setahun siswa tidak mengikuti pembelajaran tatap muka di sekolah, guna meminimalisir penyebaran Covid -19. Akibatnya berbagai kendala dihadapi dalam sistem pembelajaran daring, mulai dari minimnya pengawasan guru sampai kendala teknis dalam jaringan internet dan media pembelajaran.

Baca juga: Jalan Masuk Asrama Haji Diblokade Warga

“Karena itu orang tua memegang peranan penting dalam upaya peningkatan pendidikan, karena pendidikan merupakan aset penting bangsa demi kemajuan negara,” ujarnya.

Dikatakan, Amboina Award 2021 merupakan kegiatan yang penting dalam upaya peningkatan kreativitas guru dan anak dalam pembelajaran secara daring.

“Bagi guru, kegiatan ini dapat mendorong untuk membuat materi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan untuk meningkatkan minat siswa. Sedangkan bagi siswa, dapat mendorong ide-ide dan gagasan yang cemerelang dengan menceritakan apa yang menjadi harapan mereka selama mengikuti pembelajaran secara di masa pandemi,” ungkapnya.

Tempat yang sama, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy menyatakan apresiasi yang tinggi atas pelaksanaan Lomba Kreatifitas Guru dan Anak, yang menurutnya akan memicu inovasi baru dalam sistem pembelajaran daring.

Baca juga: 60 Persen Siswa SMA 13 Sudah Divaksin

“Kita patut bersyukur dapat melaksanakan kegiatan yang sangat edukatif. Atas nama pemerintah, saya memberi apresiasi dan penghagraan yang tinggi kepada peserta lomba. Dan juga orang tua yang mendorong, termasuk guru yang memberikan pendampingan,” sebutnya.

Sementara itu, dalam laporan Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Jhon Sanders terkait Lomba Kreativitas Guru dan Anak Amboina Award 2021, turut diikuti 17 guru dan 12 siswa jenjang KB, 16 guru dan 21 siswa TK, 42 Guru dan 53 siswa SD, serta 19 guru dan 18 siswa SMP.

Baca juga:
60 Persen Siswa SMA 13 Sudah Divaksin

Para pemenang Amboina Award 2021 Jenjang KB, Ketegori Video Pembelajaran Terbaik I hingga IV masing- masing diraih, Elsa Maruapey dari KB Fast Start, Gresia Tehuayo (Rantai Kasih), Cindy Tallane (El-Roi) dan Yuliana Dias (Stella Maris).

Sedangkan untuk lomba bercerita Terbaik I hingga IV masing-masing diraih Jazzel Kakiay (Paud Harapan) Ezequiel Kastanya (Cinta Anak), Rafael Lilipaly (Tunas Harapan) dan Indri Rugebregt (Rantai Kasih).

Untuk jenjang TK kategori video pembelajaran,Terbaik I hingga IV masing – masing diraih Nurul Iswanto (Nurul Insan), Lidya Aisha (FastStart), Meyland Tongke (Kartika Kesdam), Linda Pormes (Eden). Sementara untuk Lomba bercerita peringkat I hingga IV masing-masing diraih, Eva Katuuk (Kalam Kudus), Qwizelf Ferdinandus (Sumber Keslamatan) Izaan Salman (Lanud Angkasa) dan Jeconiah Marsoly (El-Roi).

Jejang SD, kategori Video Pembelajaran Terbaik I hingga IV masing-masing diraih Judith Pattiasina (SD Pertiwi), Selvia Salamor (SD Negeri 71), Olvian Soplanit (SD Negeri 34) Paskalina Talaud (SD Negeri 65). Sedangkan untuk lomba bercerita Terbaik I hingga Terbaik IV masing-masing diraih Marwa Samsinar (SD Inpres 22 Ambon), Ralph Malisngorar (SD Inpres Latta), Keyza Erianti (SD Negeri 92) dan Tamara Ayawaila (SD Negeri 75).

Jenjang SMP Kategori Video Pembelajaran Terbaik I hingga IV berturut-turut Lilian Moriolkossu (SMP Negeri 12), Dina Lefitar (SMP Pertiwi) Lesly Soplanit (SMP Negeri 11) dan Irsal Rabidin (SMP Alwatan.

Sementara itu untuk lomba bercerita terbaik I hingga IV berturut-turut Marcia Tumembouw (SMP Negeri 12), Fregita DeFretes (SMP Negeri 17) Resye Salampessy (SMP Hang Tuah) dan Novriandy Tehuayo (SMP Pertiwi). (IAN)

Comment