by

Disdik MBD Pantau Sekolah Belajar Tatap Muka

Ambon, BKA- Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) terus melakukan memantauan ke sekolah-sekolah, guna memastikan kalau proses belajar mengajar yang dilakukan tatap muka saat ini, menerapkan protokol kesehatan, seperti yang dipersyaratkan demi menghindari penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah.

Hal itu, katanya, dilakukan berdasarkan Sebagaimana hasil keputusan dari empat menteri, yakni, Menteri Agama, Menteri Pendidikan, Mentri Dalam Negeri dan Mentri kesehatan.

“Kebetulan saya lagi Kunjungan Kerja (Kunker). Dan saya telah menjelaskan kepada RT-RT, bahwa di MBD ini daerah kepulauan. Sehingga kita atas izin gugus tugas tingkat kabupaten, dan atas persetujuan orangtua, sekolah secara tatap muka itu sudah berjalan di sekolah masing-masing. Dengan ketentuan, memperhatikan dan mempraktekkan protokol kesehatan, yaitu, jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan. Jadi terhadap itu, maka saya turun ke setiap kecamatan untuk pantau langsung. Puji Tuhan, sekolah walaupun dalam keterbatasan, mereka mematuhi protokoler kesehatan yang ada,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) MBD, Ferdinand Lewier, Minggu (30/8).

Walau MBD kini sudah berstatus hijau, katanya, namun kewaspadaan harus tetap ditingkatkan dengan mematuhi protokoler kesehatan, guna mengantisipasi penyebaran virus corona.

“Karena itu, saya lagi pantau hal itu di masing-masing kecamatan. Karena walaupun kita ada di zona hijau, tapi harus tetap dikawal, agar bisa sejalan sesuai keputusan bersama dari keempat menteri kita,” tuturnya.

Sedangkan terkait kebijakan Mendikbud RI yang akan melakukan pembagian pulsa kepada para siswa, menurutnya, tidak dapat diproses di MBD. Karena rata-rata sekolah di kabupaten tersebut sudah melakukan pembelajaran secara tatap muka.

“Pulsa itu bagi sekolah yang proses pembelajaranya melalui Daring. Jadi, nomor handphone anak yang diminta, sehingga dapat kuota gratis. Kalau di MBD, mungkin hanya di Tiakur yang ada jaringan internet. Selain itu, rata-rata semua sekolah di MBD ini kan sudah belajar secara tatap muka,” tutup Lewier. (LAM)

Comment