by

Disdik MBD Upaya Kepsek Penuhi Syarat Permendikbud

Ambon, BKA- Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan (Plt Kadisdik) Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Ferdinand Lewier, akan mengupayakan agar semua Kepala Sekolah (Kepsek) PAUD, SD dan SMP, di kabupaten itu dapat memenuhi persyaratan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 6 tahun 2018.

Permendikbud tersebut, terang Lewier, mengharuskan seorang Kepsek harus memenuhi sejumlah persyaratan. Diantaranya, harus mempunyai golongan 3C, sarjana, berdedikasi, serta memiliki Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS).

Untuk itu, saat ini, pihaknya tengah melakukan pendataan terhadap seluruh Kepsek, untuk mengetahui berapa Kepsek yang belum memenuhi persyaratan tersebut.

“Ini sebuah tantangan bagi Disdik MBD. Dengan lahirnya Kemendikbud nomor 6 tahun 2018 itu, maka Kepsek itu harus punya empat persyaratan tersebut. Sementara di MBD, ada beberapa Kepsek yang sudah di SK-kan oleh bupati pada tahun 2018 ke atas yang belum mempunyai NUKS. Sehingga sekarang ini, kami lagi data semua Kepsek, mulai dari golongan 3C sampai yang tertinggi. Supaya bisa tahu secara pasti, berapa Kepsek kita yang belum penuhi persyaratan,” kata Lewier, Kamis (15/4).

Setelah melakukan pendataan, selanjutnya, data tersebut akan serahkan kepada pihak Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah (LPPKS) untuk melakukan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat).

“Jadi selesai pendataan, kita akan bawa data-data itu ke LPPKS Solo dan kita minta Diklat bagi calon Kepsek maupun Kepsek yang belum miliki NUKS,” tuturnya.

Upaya itu dilakukan agar semua Kepsek pada kabupaten bertajuk Kalwedo tersebut, dapat memenuhi persyaratan Permendikbud. Yakni, Kepsek harus memiliki NUKS.

“Kalau pengangkatan Kepsek di bawah 2018, itu mempunyai NUKS. Itu LPPKS yang buat Diklat. Yang belum, ini Kepsek yang pengangkatan diatas tahun 2018. Karena sebetulnya, pada saat pelantikan kepala- kepala sekolah tahun 2018 sudah gunakan Permendikbud. Jadi kita berupaya, minimal kepala-kepala sekolah di MBD ini ketika dilantik menjadi Kepsek sudah memenuhi persyaratan itu,” pungkas Lewier. (LAM)

Comment