by

Disdik MBD Upayakan Kepsek Punya NUKS

Ambon, BKA- Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Maluku Barat Daya (MBD), Ferdinand Lewier, mengatakan, akan berupaya agar semua Kepala Sekolah (Kepsek) di kabupaten itu, baik tingkat PAUD, SD dan SMP, memiliki Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS).

“Sebab itu yang sekarang menjadi persoalan kita. Lebih khusus saya sebagai penanggungjawab Disdik. Untuk itu, kita akan upayakan untuk komunikasi dengan LPMP Maluku, agar dalam waktu dekat ini melakukan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) bagi Kepsek yang belum memiliki NUKS. Memang sebenarnya persoalan ini sudah harus diselesaikan oleh pemimpin sebelumnya. Tapi begitulah, sekarang saya yang bertanggungjawab, jadi harus selesaikan. Dan itu saya sudah sampaikan kepada para guru untuk kita saling mendukung benahi mutu pendidikan di MBD secara bertahap. NUKS ini sebagai bagian dari upaya untuk menuju harapan kita. Untuk itu, saya akan upayakan untuk menyelesaikannya,” ujar Lewier, Kamis (12/11).

Pasalnya, sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 6 tahun 2018, tidak lagi mengijinkan Kepsek yang belum memiliki NUKS menandatangani ijazah.
Peraturan ini, katanya, sebenarnya sudah mulai diberlakukan sejak 2018 lalu. Namun mengingat rentang kendali masing-masing daerah seperti di MBD, sehingga peraturan tersebut baru akan diberlakukan 2021 mendatang.

“Tahun 2021 ini dia berubah sistim. Kepsek yang tidak memiliki NUKS tidak berhak menandatangani ijazah. Itu sesuai Permendikbut Nomor 6 tahun 2018. Semestinya peraturan ini sudah jalan dari tahun 2018, tapi kita di daerah ini kan, tidak bisa cepat-cepat untuk terapkannya. Tapi 2021 lagi sudah harus. Mau tidak mau, harus mau. Tidak bisa di kasih kesempatan lagi. Karena itu, kita upayakan sebelum tahun 2021, semua Kepsek sudah punya NUKS,” tuturnya.

Dirinya berharap, dalam berbagai upaya yang dilakukan nanti, dapat berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan. “Kita berdoa saja, semoga ada kemudahan,” tutup Lewier.(LAM)

Comment