by

Disdikbud Akan Penyegaran Posisi Kepsek, Kadis: Saatnya Milenial Ambil Alih Peran

Ambon, BKA- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Maluku akan melakukan penyegaran besar-besaran terhadap posisi jabatan Kepala Sekolah (Kepsek) pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) di wilayah Kota Ambon.

“Ia benar, nanti ada rolling Kepsek. Kan kemarin, mereka (calon Kepsek) sudah ada yang mengikuti tes kan, nanti kita lihat aja. Saya tidak bisa menjelaskan, yang jelas ini penyegaran untuk semua,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Insun Sangadji, di DPRD Provinsi Maluku, pekan kemarin.

Rencana penyegaran jabatan Kepsek itu dilakukan lantaran Kepsek yang ada di SMA/SMK, statusnya sudah lama bertugas. Bahkan sudah puluhan tahun. Sehingga harus diisi dengan kaum milenial.

menghadapi era digital, kata Sangadji, sudah saatnya kaum milenial yang mengambil ambil alih peran Kepsek. Sehingga mereka harus diberi kesempatan untuk berkiprah.

“Kepsek yang ada inikan mereka sudah lama bertugas, kemudian yang baru ini banyak dan yang cakep-cakep. Kita juga harus beri kesempatan untuk orang lain bisa berkipra,” ujar Kadis.

Sementara untuk Kepsek yang diganti, kata Kadis, akan dikembalikan sebagai guru biasa atau pengawas. Namun semua tergantung mereka, maunya kemana. Intinya tidak lagi menjadi Kepsek.

“Saya ini seorang dosen. Pak rektor itu kalau sudah tidak jadi rektor, harus kembali jadi dosen biasa. Jadi budaya ini harus di budayakan. Ini guru menjadi Kepsek dan kembali menjadi guru biasa, harus dibudayakan. Mereka semuanya ini kan statusnya fungsional kan,” pungkasnya. (RHM)

Comment