by

Disdikbud Diminta Evaluasi Kepsek SMK Perikanan Mdona Hyera

Ambon, BKA- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Maluku, diminta mengevaluasi Kepala SMK Negeri Perikanan Mdona Hyera, Filip Yoseph Zacheus.

Desakan itu disampaikan salah satu tokoh masyarakat Desa Luang Timur, Anderson Leha. Dengan alasan, Zacheus jarang berada ditempat tugas, sejak ditempatkan di sekolah tersebut sekitar tiga tahun lalu.

Akibat tindakan Zacheus, katanya, orangtua siswa meragukan kualitas dan mutu pendidikan kepada anak-anak mereka.

“Untuk itu, kami meminta pihak Disdikbud Maluku, untuk mengevaluasi Kepsek SMK Negeri Perikanan Mdona Hyera. Bahwa memang beliau bertugas, tapi lebih banyak di kota kabupaten dari pada di sekolah. Tidak tahu, mungkin lagi pengurusan atau seperti apa, saya tidak begitu paham. Tapi yang kita lihat selama ini, Kepsek jarang berada di tempat tugas. Datang tugas 5 hari, kemudian ke Tiakur (Ibu Kota Kabupaten MBD) berbulan-bulan. Kepsek seperti ini yang harus dievaluasi,” pinta Leha, Minggu (31/1).

Menurutnya, ditengah pandemi Covid-19, sosok seorang pemipin sangat dibutuhkan oleh anak-anak didik. Pasalnya, dengan situasi dan konsisi sekarang, berbagai kebijakan terus diambil oleh pemerintah pusat (Pempus) untuk memperbaiki pola belajar. Tentu sekolah pun harus tetap siap untuk menyesuaikan dengan kebijakan yang ada. Apalagi akan diperhadapkan dengan Asesmen Nasional (AN) di bulan Oktober mendatang.

“Seharusnya kepsek tetap berada ditempat tugas. Boleh pengurusan di luar daerah atau dimana pun itu, tapi bukan harus berlama-lama. Persoalan utama di kampung adalah, guru sudah minim, sudah begitu malas masuk sekolah dan sebagainya. Lalu kalau kepsek tidak ada, siapa yang mau atur anak-anak untuk belajar. Kasihan anak-anak kita ini, sudah tertinggal dari berbagai hal. Jadi mohon agar proses belajar mengajar itu maksimalkan, supaya bisa tingkatkan kualitas mereka. Mau bersaing bagaimana, kalau belajar saja tidak maksimal. Apalagi SMK yang harus dipertajam ketrampilan mereka. Itu sebabnya, kami sangat meminta kepsek SMK Negeri Perikanan di Mdnoa Hyera dievaluasi. Agar bisa benahi mutu pendidikan di sana,” pinta Leha.

Kepala Cabang (Kacab) Disdikbud Wilayah MBD, Veky Hematang, saat dikonfirmasi, membantah kalau kepsek SMK Negeri Perikanan Mdona Hyera, jarang berada ditempat tugas.

Menurut Hematang, pihaknya selalu membangun komunikasi dan koordinasi dengan Zacheus, terkait proses belajar mengajar maupun perkembangan sekolah tersebut.

“Oh, Informasi itu tidak benar. Kepsek sekarang ada ditempat tugas. Memang selalu ke Tiakur, tapi selesai itu balik ke tempat tugas. Memang sempat ada sedikit persoalan disana, tapi itu sudah saya selesaikan dengan baik. Jadi tidak ada persoalan,” pungkas Hematang.(LAM)

Comment