by

Disdikbud Maluku Akan Cek Kesiapan Sekolah

Ambon, BKA- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Maluku berencana melakukan pengecekan seluruh kesiapan sekolah, terkait rencana menjalankan kebijakan belajar tatap muka ditahun 2021 mendatang.

Pengecekan kesiapan-kesiapan sekolah itu penting untuk dilakukan, mengingat, proses belajar tatap muka yang nanti dilaksanakan harus mengedepankan protokol kesehatan, sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri, yakni, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Menteri Agama (Menang), Menteri Kesehatan (menkes) dan menteri Dalam negeri (Mendagri), tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Insun Sangadji, mengatakan, meskipun belajar tatap muka itu sudah dianjurkan sesuai SKB empat menteri, namun keputusannya dikembalikan kepada pemerintah daerah setempat.

“Kalau misalnya orangtua sudah tidak mau lagi anaknya belajar di rumah, berarti pemerintah harus berfikir caranya seperti apa. Yang jelas sebagai Kepala Dinas, saya akan memeriksa kesiapan semua sekolah untuk itu,” ujar Sangadji, kepada awak media di Kantor DPRD Maluku, Jumat (17/12).

Yang pasti, terangnya, pemberlakukan belajar tatap muka di sekolah, akan dilakukan secara bertahap. Jadi tidak semua sekolah langsung dibolehkan untuk melakukan itu.

Awalnya 25 persen sekolah dulu, baru berlanjut 50 persen sekolah. Hingga akhirnya diberlakukan secara keseluruhan 100 persen sekolah.

“Pempus juga memberikan sinyal untuk dilaksanakan belajar tatap muka dengan tahapan-tahapan ini. Sebab, tidak bisa dilakukan sekaligus, karena sangat beresiko,” kata Sangadji.

Pemeriksaan kesiapan sekolah, lanjut Sangadji, juga nantinya dilaporkan ke Pemerintah Pusat, untuk diketahui apakah Maluku sudah siap atau belum.

“Nanti kita laporkan ke Pemerintah Pusat, apakah sudah siap atau belum. Pemerintah pusat hanya menerima laporan yang kita sampaikan,” tutup Sangadji(RHM)

Comment