by

Disdikbud Persiapkan BTM, Kota Ambon Tergantung Satgas

beritakotaambon.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Maluku, tengah mempersiapkan proses Belajar Tatap Muka (BTM) terbatas di sekolah.

Persiapan itu dilakukan Disdikbud untuk menindaklanjuti permintaan Gubernur Maluku, Murad Ismail, yang meminta agar BTM segera dilakukan di semua sekolah di Provinsi Maluku.

“Kan pak Gubernur pernah sampaikan, agar sekolah tatap muka secara terbatas bisa digelar di Maluku, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan ketat. Kini dinas telah melakukan langkah-langkah persiapan,” terang Kepala Disdikbud Maluku, Insun Sangadji, Selasa (31/8).

Sebagai langkah persiapan, Disdikbud tengah mendata dan memantau kesiapan BTM terbatas di setiap sekolah, khususnya pada jenjang SMA/SMK dan SLB.

Baca juga: Unpatti Mewisuda 1.056 Lulus

Setelah melakukan pemantauan, pihaknya akan kembali mengecek kesiapan sarana, prasarana hingga kesiapan pemenuhan protokol kesehatan dalam proses BTM pada setiap sekolah.

Khusus Kota Ambon, kata Sangadji, tergantung sikap Satuan Tugas (Satgas) Covid-19. Sehingga pihaknya akan berkoordinasi dengan Satgas Kota Ambon.

Selain itu, pihaknya juga harus mendapatkan persetujuan orangtua, bisa atau tidak BTM terbatas dilakukan di Kota Ambon.

“Untuk 10 kabupaten/kota lain, mereka sudah melakukan pembelajaran tatap muka. Tinggal Kota Ambon saja. Sehingga kami nantinya akan mencoba berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Kota Ambon, apakah dimungkinkan atau tidak BTM bisa diberlakukan satuan pendidikan di Ambon,” jelasnya.

Baca juga:
Walikota Didesak Aktifkan BTM

Dalam waktu denkat, tambahnya, Disdikbud akan melakukan rapat dengan orangtua siswa untuk mensosialisasikan rencana BTM di Kota Ambon.

“Ia kita juga perlu ada dorongan dari orangtua terhadap BTM terbatas. Makanya dalam waktu dekat kita akan melakukan rapat sekaligus sosialisasi terhadap rencana pembelajaran tatap muka,” tutup Sangadji. (RHM)

Baca juga: Vaksinasi Harus Atas Ijin Orangtua

Comment