by

Dishub Ambon Jalani Swab

Ambon, BKA- Sebagian pegawai di Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon telah melakukan pemeriksaan swab test Covid-19. Pemeriksaan swab massal yang dipusatkan di lantai II Balai Kota itu, untuk mendeteksi seseorang bersih atau terpapar Covid-19, Selasa (11/8).

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Ambon, Remes J. Talle mengaku, bila ada pegawai yang belum bisa hadir untuk pengambilan swab, maka akan dilanjutkan di hari berikutnya.

“Kalau Dishub, kita hanya lebih fokus yang tugas lapangan. Kalau hari ini semua tidak ada, besok kita lanjutkan. Jadi yang sedang bertugas hari ini, nanti kita akan lanjutkan untuk besok (hari ini),” terang Remes, di sela sela swab test.

Dia menjelaskan, target Dinas Kesehatan hanya kepada pegawai Pemerintah Kota Ambon yang sementara melakukan pelayanan publik, pasca masuk Covid-19 di Kota Ambon.

“Target kita adalah mereka yang khususnya yang berhadapan langsung dengan masyarakat atau yang melakukan pelayanan publik, itu wajib di swab. Sesuai dengan masukan masing-masing OPD,” cetusnya
Ia menambakan, sebelum dilakukan swab kepada pegawai Dishub,

pihaknya juga sudah menjalankan swab kepada pegawai Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kota Ambon.

“Sekitar 10 OPD yang hadir. Khususnya PPD-OPD yang melakukan pelayanan publik. Hari ini (kemarin) kita mulai melakukan swab ke Dinas Perhubungan dan Perumahan Rakyat. Jadi jadwal kita sudah buat untuk sampai bulan kedepan yang mulai hari ini. Mulai dengan Perkim (PRKP) dan Perhubungan besok akan dilanjutkan lagi sampai minggu depan,” sebutnya.

Untuk tempat yang nanti akan dilakukan swab kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (ODP) akan di sesuaikan di kantor masing-masing.
“Yang di Pemkot kita laksanakan swab di Pemkot. Di kantor Walikota sini. Kalau yang diluar kita laksanakan kantor Mereka. Jadi nanti kita mobile, ” tukasnya.

Dia mengakui, untuk target pengambilan swab kepada sepuluh OPD lingkup Pemerintah Kota yang lakukan pelayanan publik, akan dijalankan kurang lebih satu bulan.

“Kita target kan 10 OPD. Jadi mungkin minggu pertama ini sekitar 6 OPD nanti minggu kedua sekitar 4 OPD. Karena ada satu hari yang gabung dua, ada yang satu hari hanya satu OPD, ” ucap dia.

Selain itu, untuk Tenaga Kesehatan yang ditugaskan guna pengambilan swab kepada pegawai Pemkot, dibagikan sekitar sepuluh tenaga.

“Jadi ada tenaga khusus yang melakukan pemeriksaan atau pengambilan spesimen. Kalau tenaga yang khusus pengambilan spesimen itu, tenaga analis, dan tenaga-tenaga perawat untuk melakukan pendataan, ” ujarnya.

Sementara, untuk hasil swab yang pegawai yang sudah di ambil, akan kasih buat Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, untuk di uji coba di BTKL-PP kelas II Ambon, guna memastikan swab yang di ambil negatif atau positif Covid-19. (BKA-1)

Comment