by

Dishub : Belum Ada Kebijakan Hilangkan Becak

beritakotaambon.com – Menepis opini publik yang berkembang terkait akan dihilangkannya transportasi becak, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon, Robby Sapulette angkat bicara. Menurutnya, belum ada kebijakan untuk menghilangkan kendaraan roda tiga ini dari kota Ambon.

“Sejauh ini, belum ada kebijakan hilangkan becak di Ambon,” tandas Robby, saat dikonfirmasi wartawan di pelataran gedung Balaikota, Rabu (15/9).

Dikatakan, memang kemacetan kerap terjadi di Kota Ambon. Selain karena kepadatan angkot, juga becak yang beroperasi tidak sesuai jalur.

Baca juga: Naikan tarif, Dishub “Warning” Sopir Angkot

“Memang kalau sudah seperti ini, dengan tingkat kepadatan seperti ini memang becak itu menjadi pertimbangan untuk kita mengalihkan mereka kemana,” terangnya.

Robby mengaku, kebijakan untuk pertimbangan becak sama sekali belum masuk dalam perencanaan Dishub di tahun ini maupun tahun depan. Sebab kebijakan yang akan dilaksanakan, hanya berupa pembatasan usia kendaraan, perampingan trayek dan akan ada sistem barcode di dalam angkutan umum.

Kata dia, untuk hilangkan becak di Kota Ambon tidak gampang seperti membalikkan telapak tangan. Sebab harus mempertimbangkan berbagai masalah. Seperti masalah ekonomi masyarakat, serta butuh proses konsultasi dan konsolidasi lanjut.

“Khususnya para pengayuh becak itu mau dialihkan kemana ? mesti dipertimbangkan. Karena kondisi Covid-19, ekonomi masyarakat lagi susah seperti ini. Kita tidak boleh terburu-buru mengambil kebijakan itu,” cetusnya.

Baca juga:
450 Item Aset Pemkot Masih Disensus

Robby menegaskan, dengan kondisi Kota Ambon saat ini memang sudah semestinya becak dihilangkan. “Bagi saya memang kota Ambon sudah seharusnya becak dihilangkan. Tapi dengan mempertimbangkan kondisi ekonomi masyarakat. Masih kita pikirkan lagi, belum,” tutupnya. (IAN)

Comment