by

Dishub Berencana Batasi Angkot Tua

Ambon, BKA- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon, berencana untuk membatasi angkutan kota (angkot) tua atau yang telah beroperasi lebih dari 15 tahun. Rencana ini bakal didorong dalam sebuah regulasi untuk nantinya diberlakukan di Kota Ambon.

Plt Kepala Dishub Kota Ambon, Robby Sapulette mengaku, jika angkot telah berusia 15 tahun, maka tidak diizinkan lagi untuk beroperasi. Aturan tersebut semata-mata dilakukan untuk membuka ruang gerak terhadap ruas jalan yang ada di Kota Ambon.

“Rencananya, kita batasi itu pada 15 tahun. Jadi,15 tahun ke atas itu sudah tidak bisa beroperasi lagi tentunya,” ungkap Sapukette, kepada wartawan, Selasa (16/2).

Sebelum diterbitkan aturan itu, kata dia, Dishub akan membuat peraturan daerah (perda) yang memiliki kekuatan hukum. “Akan dibuat dengan satu peraturan daerah yang memiliki kekuatan hukum, membatasi masa layanan angkutan umum,” sebutnya.

Dijelaskan, ada beberapa pertimbangan untuk menerbitkan peraturan dimaksud. Dan rencana ini, awalnya telah dibahas untuk diberlakukan. Hanya saja, rencana ini terkendala akibat adanya pandemi Covid-19. “Jadi ada beberapa peraturan yang mesti kita siapkan, baru kita masuk kepada implementasi,” terangnya.

Dan untuk menangani masalah lalu-lintas akibat kepadatan kendaraan, pihaknya akan membuat kegiatan di tahun anggran 2021 yakni survey load factor.

“Dari hasil load factor itu diketahui berapa kebutuhan real angkutan kota yang dibutuhkan. Sehingga, lalu suplai kendaraan itu disesuaikan dengan kebutuhan load faktor dalam kurun waktu tertentu,” ucap Sapulette.

Sejalan dengan adanya aturan yang nantinya akan dikeluarkan setelah load factor dijalankan, maka seluruh aturan akan disesuaikan. Termasuk perizinan angkutan umum, agar tidak terjadi penumpukan lalu lintas. (IAN)

Comment