by

Dishub Gembok 244 Kendaraan

Ambon, BKA- Sepanjang tahun 2020, Dinas Perhubungan Kota Ambon telah melakukan penggembokan sekitar 244 kendaraan roda empat yang menggunakan badan jalan sebagai garasi inap saat malam hari. Sanksi tersebut dilakukan bagi masyarakat sebagai efek jera agar dapat mentaati tata tertib parkir.
“Terkait parkir inap di malam hari, untuk kendaraan yang parkir dibadan jalan itu mulai pelaksanaan operasi dari awal Januari hingga 31 Desember 2020, itu kurang lebih ada 244 kendaraan yang terjaring, ” beber Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon, Robby Sapulette, kepada wartawan, Rabu (6/1).

Robby menjelaskan, sejak awal, pihaknya melakukan operasi terhadap kendaraan yang menggunakan badan jalan untuk garasi malam. Dan sangat banyak yang terjaring. Namun, setelah beberapa lama, pihaknya sudah jarang menemukan kendaraan parkir di badan jalan saat malam hari.

“Nah kemudian dalam itu, tingkat kesadaran semakin tinggi. Sehingga terjaring semakin sedikit, dibandingkan dengan awal pelaksanaan patroli malam,” ucapnya.

Dia mengaku, dari pelaksanaan operasi malam yang dilakukan terhadap kendaraan yang parkir di badan jalan saat malam hari, kurang lebih denda yang didapatkan sebanyak Rp 122 juta.
“Jadi kurang lebih yang kita terima dari operasi malam itu, ada 122 juta. Kan denda 500 ribu, berarti kurang lebih ada 244 kendaraan yang terjaring,” pungkasnya.

Robby berharap, kedepan tingkat kesadaran pengguna modal transportasi, khusus mobil, lebih sadar dengan aturan lalu-lintas. Sehingga, tidak memanfaatkan badan jalan sebagai garasi di malam hari. (BKA-1).

Comment