by

Dishub Gembok 42 Mobil

Ambon, BKA- Selama penerapan PSBB transisi tahap I, banyak kendaraan roda empat yang mengabaikan aturan dengan tetap menggunakan badan jalan sebagai tempat parkir nginap. Alhasil, sebanyak 42 mobil telah ditindak dengan cara digembok oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon.

Plt Kepala Dishub Kota Ambon, Robby Sapullete menegaskan, sebanyak 42 mobil di Kota Ambon telah digembok oleh pihaknya. Lantaran para pemilik kendaraan roda empat masih acuh terhadap peraturan dareah (perda) yang telah ditetapkan. Yakni tidak menggunakan badan jalan sebagai garasi inap.

“PSBB transisi tahap pertama itu, kita sudah melakukan penindakan terhadap kendaraan yang menggunakan badan jalan sebagai parkir garasi. Sejak itu, hari Sabtu kemarin ada kurang lebih 42 kendaraan yang kita gembok, ” ungkap Sapulette, kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (3/8).

Menurut Robby, penindakan yang dilakukan terhadap kendaraan yang melakukan pelanggaran itu, sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) nomor 6 tahun 2019 tentang Penetapan Parkiran.

“Perda nomor 6 tahun 2019 tentang Penetapan Parkiran dan terus Peraturan Walikota (Perwali), itu menjadi payung hukum untuk kita melakukan penindakan,” tandasnya.

Walaupun Kota Ambon masih dalam kondisi wabah Covid-19, ujar Robby, tetapi masyarakat juga harus selalu bisa tertib parkir sesuai aturan-aturan yang telah ditetapkan Pemerintah Kota.

Dan selama PSBB hingga PSBB transisi, seluruh personil Dishub Kota Ambon telah ditempatkan di posko-posko perbatasan. Sehingga pihaknya belum maksimal terhadap penindakan yang dilakukan bagi pemilik kendaraan yang sengaja mengabaikan aturan.

Saat ini, lanjut Robby, Kota Ambon telah masuk pada PSBB transisi II, sehingga sejumlah personil Disub sudah dibagi guna dimanfaatkan sebagai penertiban kendaraan yang masih melanggar aturan.

“Begitu kita sudah masuk di PSBB transisi ini, kita sudah mulai menuju tertib parkir. Jadi kita sudah melakukan penertiban,” tuturnya.

Dia menegaskan, proses penertiban parkiran akan terus berjalan. Sehingga dihimbau kepada masyarakat kota Ambon yang sering menggunakan badan jalan sebagai parkiran nginap, agar segera mencari tempat parkir yang baik dan aman. (BKA-1).

Comment