by

Dishub Kaji Pemberlakuan Shift Angkot

Ambon, BKA- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon berencana memberlakukan sistem shift angkutan kota (angkot) dalam kota Ambon. Sistem shift tersebut masih sementara dikaji, dan jika membuahkan hasil maka secepatnya akan diberlakukan.

“Kita akan kaji kembali sistem yang ada di masa pandemi ini. Kalau dalam perhitungan ekonomi itu menguntungkan bagi pengemudi dan pemilik kendaraan, maka berlakukan sistem shift itu,” ungkap Kepala Dishub Kota Ambon, Robby Sapullete, kepada wartawan di Ambon, Kamis (26/11).

Dijelaskan, sistem tersebut sangat membantu untuk mengurangi kemacetan. Sebab di Kota Ambon, tingkat kepadatan kendaraaan kian meningkat. Maka selain mengurai kemacetan, sistem shift yang direncanakan itu dianggap membantu para pengemudi untuk beristirahat.

“Kita akan lihat perkembangannya, kita akan kaji dulu secara baik apakah manfaatnya lebih baik atau tidak. Kalau itu lebih efektif, bisa jadi kita pertahankan sistem tersebut supaya bisa mengurangi kemacetan juga,” sebutnya.
Ditambahkan, terkait penggabungan trayek juga akan dikaji bersamaan dengan sistem shift angkot tersebut. Karena seharusnya tahun ini, penggabungan trayek dimaksud sudah diberlakukan. Tetapi Kota Ambon dilanda bencana non alam yakni Covid-19.

“Jika itu memberikan kepuasan bagi pemilik kendaraan maupun pengemudi, maka kita laksanakan. Mulai tahun depan kita akan kaji semuanya,” pungkas Sapulette. (BKA-1)

Comment