by

Dishub Kaji Penertiban Lapak Pedagang

Ambon, BKA- Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon, Robby Sapulette mengaku, pihaknya sementara melakukan pengkajian terkait penertiban lapak pedagang di area pasar Mardika. Pasalnya, sejak dia menjabat sebagai Plt Kadishub, tidak lagi menarik retribusi dari pedagang di kawasan terminal Mardika.

Bahkan kata dia, bukan saja dinasnya yang tidak tarik retribusi. Tetapi sekarang dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon juga telah hentikan penarikan retribusi bagi pedagang di terminal A, B maupun gang kelinci sektiar pasar Mardika.

Dijelaskan, dalam kajian terkait hal ini, pihaknya akan melakukan pembongkaran pagar terminal untuk menertibkan lapak-lapak pedagang yang sementara menjamur di dalam area terminal itu.

Disinggung ketika nantinya ada perlawanan dari pedagang saat ditertibkan, Robby menilai, hal tersebut nanti akan dilihat kembali.

“Nanti kita lihat saja dulu perlawanan bagaimana. Terminal itu, diperuntukkan untuk terminal. Bukan untuk aktivitas pedagang. Penertiban ini belum. Kita sementara masih mengkaji dulu,” ujar Robby, kepada Koran ini, di Balai Kota, Jumat (29/1).

Mantan Kabid di PUPR Kota Ambon ini menambahkan, Pemerintah Provinsi Maluku meminta untuk memperpanjang tarif retribusi dari pemilk ruko yang ada kawasan pasar tersebut.
“Namun ada salah satu pemilik ruko mengatakan, mereka akan memperpanjang. Tapi pagar yang di sekeliling terminal di pasar itu, harus dibongkar. Demikian sementara kita kaji,” pungkasnya. (IAN)

Comment