by

Dishub : Parkir Inap Malam Berkurang

Ambon, BKA- Meskipun sejumlah personil Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon, difokuskan dalam operasi yustisi, namun tidak membuat tanggung jawab penertiban terhadap parkir inap malam dilupakan.

Beberapa pekan lalu, Personil Dishub gencar melakukan razia Yustisi, bersamaan dengan melakukan penertiban terhadap kendaraan parkir inap malam di badan jalan.
Namun, selama penertiban dimaksud dilaksanakan Personil Dishub, tidak terlalu banyak ditemukan kendaraan roda empat yang menggunakan badan jalan untuk garasi mobil.

Plt Kepala Dishub Kota Ambon, Robby Sapulete mengaku, selain di pusat Kota, pihaknya juga razia penertiban parkir inap malam. Hingga di beberapa kecamatan yang berada di luar Kota bertajuk Manise ini.

Disebutkan Robby, kecamatan yang menjadi perhatian Dishub yaitu, Kecamatan Baguala, Kecamatan Teluk Ambon, Kecamatan Nusaniwe dan Kecamatan Sirimau.

Walaupun sudah masuk hingga Kecamatan, dia mengaku, moda transportasi yang kena gembok akibat parkir inap di badan jalan mulai berkurang. Sehingga dianggap sebagian masyarakat sudah mulai sadar, tentang kegunaan badan jalan yang tidak seharusnya dimanfaatkan buat dijadikan garasi kendaraan.

“Yah mulai berkurang. Intinya parkir inap malam mulai berkurang,” ungkap Sapulette, saat dihubungi Beritakota Ambon, Jumat (23/10).

Dia mengungkapkan, masyarakat yang belum bisa tertib parkir, itu hanya karena belum sadar dengan aturan. Namun, akan tetap ditindak bila pihaknya kedapatan kendaraan parkir dibadan jalan, dengan menggunakan gembok dan diwajibkan untuk membayar denda berupa uang.

Penindakan dimaksud, kata dia, bukan bersifat mencari keuntungan. Tetapi untuk menyadarkan masyarakat tentang kefungsian badan jalan. Sehingga tidak mengganggu aktivitas lalu-lintas.

Sapulette juga menghimbau, kepada sejumlah masyarakat yang belum sadar, agar idak menggunakan badan jalan sebagai garasi inap malam.

Bukan itu saja, dia juga berharap, agar masyarakat juga bisa bekerja sama dengan Pemerintahan Kota dalam hal tersebut. Sebab apa yang dilakukan pihaknya, bukan semata-mata untuk meresahkan masyrakat. Tetapi, untuk kebaikan bersama. (BKA-1)

Comment