by

Disnaker Mediasi Kasus PHK TKBM

Ambon, BKA- Kasus pemecatan atau pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap beberapa anggota koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, sementara dimediasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Ambon.

Pasalnya, pemecatan terhadap sejumlah anggota Koperasi TKBM Pelabuhan Yos Sudarso itu, diduga dilakukan secara sepihak oleh pengurus Koperasi TKBM.
Kepala Dinas Nakertrans Kota Ambon, Steven Patty mengaku, kasus PHK TKBM telah dilaporkan ke pihaknya untuk dimediasi. Sehingga dapat dituntaskan secara kekeluargaan.

“Sudah lakukan upaya mediasi tahap pertama pada Senin kemarin. Proses mediasi ini akan dilakukan sebanyak tiga tahap. Dan tahap pertama kita telah memanggil pengurus koperasi TKBM, maupun pihak yang merasa dirugikan,” ungkapnya, Kamis (14/1).

Menurut dia, lewat mediasi tersebut, kemungkinan dapat solusi agar masalah ini bisa terselesaikan. Untuk itu, apabila tahap pertama mediasi belum menemukan titik terang, maka harus dilanjutkan dengan mediasi kedua.
“Hasil mediasi tahap pertama ini belum ditemukan solusi. Sehingga, tahap kedua akan dilaksanakan pada pekan depan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, ada spesifikasi pada koperasi TKBM, karena badan usahanya itu adalah koperasi dan berbeda dengan Perseroan Terbatas (PT). Sehingga kekuasaan tertinggi koperasi itu ada pada rapat anggota.
“Mereka diperlakukan sama, karena mereka memiliki hak yang sama, sehingga tidak ada yang disudutkan,” terangnya.

Steven berharap, agar masalah ini secepatnya dapat selesai, agar tidak terjadi kesalahpahaman antar pengurus dan anggota TKBM Yos Sudarso Ambon. (IAN)

Comment