by

Disperindag Percepat Pendataan Pedagang Mardika

Ambon, BKA- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon, sementara percepat proses pendataan pedagang pasar Mardika, Ambon. Ini dilakukan untuk menghindari kesalahpahaman data pedagang, ketika revitalisasi pasar Mardika selesai dikerjakan.

Plt Kepala Disperindag Kota Ambon, Robert Siloy berharap, proses pendataan pedagang selesai secepatnya, untuk kemudian dikaji.

“Kita masih sementara verifikasi lagi untuk hari ini (kemarin) sampai rencana hari Rabu (besok). Tapi mudah-mudahan hari ini selesai lalu kita bisa kaji dia,” ungkap Silooy, kepada wartawan di Balai Kota, Senin (15/3).

Dia mengaku, selama dua pekan ini, pedagang yang telah mendaftarkan diri sebanyak 1.200 lebih. “Baru seribu dua ratus lebih yang sudah didata, ” bebernya.

Menurut Silooy, sejauh ini, pedagang yang melakukan pendaftaran, sedikit terhambat. “Iya cuman tergantung pedagang. Hari ini dia (pedagang) bisa datang, dia liat orang banyak, dia pulang,” sebutnya.

Kata dia, pendaftaran pedagang tersebut, berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan. Seperti jaga jarak, disiapkan tempat cuci tangan dan wajib menggunakan masker secara benar.

“Kita perlu jaga protokol kesehatan. Dan itu sudah dilakukan selama pendataan ini. Kita harus jaga, jangan sampai tingkat penularan Covid-19 meningkat di Kota ini, ” terangnya.

Disinggung kapan relokasi pedagang, Latuheru akui, belum tahu pasti. Sebab pihaknya masih menunggu petunjuk dari Pemerintah Pusat.

“Belum tau, karena masih menunggu keputusan mentri dulu untuk tender, baru kemudian pelelangan dilakukan, baru ada kepastian pemenang siapa. Semua itu keputusan di pusat bukan kita di daerah,” tuturnya.

Silooy menambahkan, program revitalisasi pasar Mardika akan tetap berjalan di tahun ini. Karena segala jenis persyaratan untuk revitalisasi, telah disampaikan ke Pemerintah pusat. (IAN)

Comment