by

Disperindag Segera Relokasi Pedagang Mardika

Ambon, BKA- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon memastikan, usai puing-puing lapak di Pasar Apung dibersihkan, para pedagang akan direlokasikan ke pasar yang telah disiapkan Pemerintah Kota Ambon.

Pasalnya, ketika memasuki tahapan revitalisasi Pasar Mardika, para pedagang yang ada pada kawasan tersebut harus dikosongkan. Sehingga tidak mengganggu aktivitas revitalisasi pasar Mardika.

“Inikan sementara kita mengangkat puing-puing lapak yang dibongkar itu, dan belum habis. Setelah itu, baru kita akan usahakan untuk mendorong pedagang bisa direlokasikan,” ungkap Kepala Disperindag Ambon, Pieter Leuwol, kepada koran ini, Selasa (3/11).

Dia mengatakan, untuk jumlah pedagang dari pasar Apung sendiri, sebanyak 334. Dan pihaknya akan terus mencari cara agar seluruhnya dapat direlokasikan, tanpa kekerasan.

“Kita harus begitu. Karena inikan terkait dengan pembangunan. Kita akan lakukan penegasan kepada mereka pedagang. Tidak dengan kekerasan, tapi kita beri arahan baik-baik kepada mereka. Kita akan beri motivasi,” terang dia.

Pieter juga memastikan, dalam pekan ini, puing-puing lapak yang ada di sekitaran pasar harus selesai dibersihkan. Setelah itu, pihaknya akan mencari cara untuk merelokasikan pedagang.

“Tergantung nanti anak-anak yang bekerja untuk angkat sampah. Kita usahakan dalam minggu ini sudah bisa bersih,” tandasnya.

Ia berharap, masyarakat terkhususnya pedagang, dapat bekerja sama dengan pemerintah untuk kepentingan revitalisasi pasar Mardika menjadi pasar modern seperti daerah lain. Pasalnya, revitalisasi yang dilakukan bukan untuk kepentingan pemerintah, melainkan untuk kebaikan bersama seluruh masyarakat di kota Ambon. (BKA-1)

Comment