by

Disperpan Lakukan Bimtek Secara Virtual

Ambon, BKA- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpan) Kota Ambon, menggelar bimbingan teknis (bimtek) terkait arsip dinamis secara virtual, Selasa (22/9). Kegiatan ini dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 di Kota Ambon.

Peserta yang mengikuti bimtek tersebut, sebanyak 47 peserta. Diantaranya, 37 peserta berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota Ambon, dan 10 peserta dari kantor kecamatan.

Kepala Disperpan Ambon, Petra Pattiasina mengaku, dengan Bimtek ini, seluruh dinas diharapkan dapat mengelola arsip dengan baik. Sesuai ketentuan undang-undang tentang kearsipan dinamik.

Sebelumnya, kata dia, seluruh dinas menyerahkan arsip seperti yang biasa dilakukan. Tapi beberapa tahun terakhir ini, tidak lagi memakai pola sepert itu. Sehingga bimtek dimaksud, harus diikuti seluruh dinas.

“Tergantung masing-masing dinas, sudah disampaikan narasumber dari pusat untuk para pimpinan diberikan pemahaman untuk bisa mengetahui tentang manfaat arsip. Sehingga ada kelanjutan kedepan untuk dilakukan sosialisasi manfaat arsip Covid dan arsip Jokowi-JK,” bebernya.

Pattiasina berharap, usai bimtek yang dilakukan secara virtual itu, seluruh arsip OPD Pemkot Ambon dapat dikelola dengan baik. Dan pada Bimtek tersebut, sambung dia, melibatkan narasumber dari Koordinator Kelompok Penyelenggara Kearsipan Daerah Wilayah 1, Dwi Durmaningsih, dan Arsiparis Madya Rini Susilowati.

Koordinator Kelompok Penyelenggara Kearsipan Daerah Wilayah 1, Dwi Durmaningsih mengatakan, walaupun Ambon belum memiliki arsiparis, tetapi dengan kegiatan dilakukan dapat meningkatkan pengetahuan para peserta tentang dunia kearsipan. (BKA-1).

Comment