by

Ditekuk Ugas, Pacquiao Lebih Buruk Ketimbang Lawan Mayweather

Catatan statistik Manny Pacquiao terpantau kalah dari Yordenis Ugas dalam duel kelas welter yang memperebutkan sabuk juara WBA super, Minggu (22/8) waktu Indonesia, bahkan lebih buruk dibanding saat bertemu Floyd Mayweather Jr.

Pacquiao telah dinyatakan kalah angka dari Ugas. Tiga juri sepakat memberi angka lebih tinggi untuk Ugas. Petinju asal Kuba itu menang angka 115-113, 116-112, dan 116-112.

Dalam pertarungan selama 12 ronde, Pacquiao terlihat lebih agresif. Petinju veteran asal Filipina itu sering melepas pukulan ke arah Ugas sejak ronde pertama.Banyak melontarkan pukulan, bukan berarti Pacquiao mengantongi banyak poin karena ada pukulan-pukulan yang luput dari sasaran.

Merujuk pada catatan statistik dari Compubox, statistik pukulan Pacquiao lebih jelek ketimbang Ugas.

Dari 815 pukulan yang dilepas Pacquiao sepanjang 12 ronde, hanya ada 130 pukulan yang benar-benar bersarang di kepala atau badan Ugas. Dengan demikian, persentase pukulan masuk Pacquiao hanya mencapai 16 persen.

Persentase pukulan Pacquiao yang masuk di pertandingan ini lebih rendah dibanding saat menghadapi Mayweather yang mencapai 19 persen pada 2015.

Sementara Ugas yang terlihat lebih banyak bertahan dan melakukan pukulan counter memiliki persentase pukulan masuk mencapai 37 persen, yang berasal dari 151 pukulan berbanding 405 kali upaya melepas pukulan.

Pacquiao tercatat memiliki jumlah pukulan masuk terbanyak pada ronde ketiga. Di ronde tersebut, tercatat ada 21 pukulan Pacquiao yang menghujam Ugas.

Sebaliknya Ugas paling sering mendaratkan pukulan akurat pada ronde kedua. Tercatat ada 16 pukulan yang masuk ke badan atau kepala Pacquiao di ronde tersebut.

Sementara dari 475 pukulan jab yang dilepaskan Pacquiao hanya 42 yang masuk atau sembilan persen saja. Ugas yang hanya melepaskan 234 pukulan jab, mencatat 50 pukulan sukses atau 21 persen.

Ugas pun mencatatkan keunggulan di katengori pukulan bertenaga yang bersarang di badan lawan. Dari 171 kali melontarkan power punch, ada 101 yang masuk atau 59 persen.

Sedangkan catatan Pacquiao hanya 26 persen yang berasal dari 340 upaya berbanding 88 pukulan akurat. (INT)

Comment