by

Divpas Gelar Simulasi dan Pelatihan Damkar

Ambon, BKA- Divisi Pemasyarakatan (Divpas) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku, menggandeng Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Ambon, menggelar simulasi dan pelatihan pemadam kebakaran (Damkar) bagi petugas pemasyarakatan, Kamis (03/9)

Seluruh kegiatan dipusatkan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Ambon.

Kegiatan ini dibuka resmi oleh Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan, yang diwakili Kapala Bidang Keamanan, Lissa Ch Kiessya, dan diikuti 20 perwakilan petugas pemasyarakatan se-pulau Ambon.

Dalam sambutannya, Lissa menyampaikan, kegiatan ini merupakan inisiatif Kadiv Pemasyarakatan setelah mencermati kejadian kebakaran gedung kantor Kejaksaan Agung (Kejagung) beberapa waktu yang lalu.

“Menurut beliau (Kadiv Pemasyarakatan), pelatihan damkar ini sangat penting untuk diketahui seluruh petugas pemasyarakatan dalam mengantisipasi kejadian kebakaran atau kerusuhan saat pelaksaan tugas”, ungkap Lissa.

Dia berharap, kegiatan ini dapat diikuti dengan baik oleh seluruh peserta agar dapat diterapkan di Unit Pelaksana Teknis masing-masing.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Ambon, Edwin J Patikawa beserta Tim Instruktur.

“Ini pertama kali kita diundang untuk pelatihan di Lapas dan Rutan. Ini momentum yang baik karena Lapas atau Rutan juga rentan terhadap gangguan keamanan bahkan kebakaran. Sehingga petugas harus dibekali dengan baik,” terang Edwin.

Pelatihan dan simulasi pemadaman kebakaran, dilakukan dalam dua sesi. Yaitu teori tentang teknik dan penanganan gangguan, kemudian dilanjutkan dengan simulasi gangguan dan cara penanganan oleh setiap peserta.

Seluruh peserta dengan antusiasme yang tinggi mengikuti jalannya kegiatan sampai selesai.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami yang bertugas di lapangan. Karena sewaktu-waktu bisa saja terjadi gangguan dan kami harus dapat mengantisipasinya,” tambah Melisa, salah satu peserta dari Lapas Perempuan Ambon. (LAM).

Comment