by

DKP Distribusikan 478 Benih Ikan

Ambon, BKA- Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Ambon, telah mendistribusikan 478 kantong benih ikan kepada kelompok budidaya ikan di Kota Ambon. Pendistribusian itu merupakan tindak lanjut dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kepada seluruh kelompok ikan di Indonesia.

Kepala DKP Kota Ambon, Steven Patty mengaku, pihaknya telah membangun kerja sama dengan perwakilan KKP yang ada di Balai Budidaya Ikan Provinsi Maluku. Sehingga pihaknya menyediakan benih ikan untuk dibagikan buat kelompok dimaksud.

Dijelaskan, pihaknya telah menyelesaikan pembagian benih ikan kepada seluruh nelayan yang tergabung dalam kelompok budidaya ikan di Kota Ambon. “Sudah selesaikan semua sesuai hasil identifikasi bersama,” tandas Steven, kepada wartawan di gedung DPRD Belakang Soya, kemarin.

Menurut dia, dari ratusan benih ikan yang diberikan KKP kepada kelompok budidaya, ada tiga jenis. Yaitu, Ikan Pue, Ikan Bubara, dan Ikan Kakap Putih. Serta ada satu jenis ikan yang nilainya berbeda.

Steven menyebutkan, setiap kelompok budidaya akan dibagikan sebanyak puluhan ekor bibit, jika kelompok budidaya yang ada di Kota Ambon masih aktif. Bahkan, ada masyarakat yang mengajukan untuk membentuk kelompok budidaya.
“Kelompok-kelompok budidaya itu sampai sekarang masih aktif. Ada juga kelompok nelayan lain yang memasukan permohonan, dan itu juga dibagikan benih ikan ke mereka,” ucapnya.

Diakuinya, selain diberikan benih ikan, para nelayan yang tergabung dalam kelompok budidaya juga dibagikan fakan. Dan itu sebagai bentuk kerja sama pihaknya dengan DKP Provinsi Maluku. Fahkan tersebut dibagikan kepada 20 kelompok budidaya ikan. Sehingga diharapkan seluruh bantuan yang diberikan, baik dari KKP maupun DKP Kota atau Diskan Provinsi dapat bermanfaat.

Dia menyebutkan, KKP juga telah menambahkan bantuan kepada kelompok budidaya, berupa bibit ikan kerapu. Namun, pihaknya sementara masih melakukan identifikasi terhadap kelompok yang nantinya dibagikan bantuan tersebut.
“Sekarang kita masih mengidentifikasi kelompok untuk menerima bantuan itu,” pungkasnya. (BKA-1).

Comment