by

DKPP Gelar Ngetren Media

Ambon, BKA- Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menggelar kegiatan ngetren Media dengan sub tema “ngobrol etika penyelenggaran Pemilu dengan media”. Acara tersebut berlangsung pukul 19.00- 21.00 WIT, di lantai 5 hotel Manise, pada Senin (23/11).

Ngetren Media yang digelar bertujuan untuk menciptakan pemilihan umum (pemilu) yang damai, pada 9 Desember 2020 mendatang. Terkhususnya, pada penyelenggara Pilkada 4 kabupaten yang di Provinsi Maluku.

DKPP RI, Prof. Teguh Prasetyo dalam percakapannya mengaku, bagi media cetak maupun elektronik yang di 4 kabupaten yang akan menyelengarakan Pilkada serentak dapat membantu menciptakan Pilkada yang damai maupun bermartabat.

Karena pada Pilkada tahun 2020 ini, akan menjadi contoh untuk penyelenggara Pilkada serta pemilu di tahun-tahun akan datang.

“Alhamdulillah senang sekali, saya ketemu teman-teman media di Kota Ambon. Saya titipkan Pilkada bermartabat yang berpedoman pada nilai-nilai Pancasila,” ujarnya.
Dijelaskannya, terkait pesta berdemokrasi, diharapkan dapat berjalan dengan aman dan lancar, dengan menjujung tinggi nilai-nilai Pancasila.

“Seluruh Indonesia, kita hanya minta mari kita ciptakan Pilkada yang bermartabat termasuk di Ambon, Maluku ini,” ungkapnya.

Bukan itu saja, disebutkan, Pilkada serentak di kabupaten atau kota yang ada di Indonesia di tahun ini, amatlah berbeda. Lantaran merebaknya wabah Covid-19.
“Saat ini tengah dalam masa pandemi Covid-19 yang memiliki implikasi negatif terhadap kondisi ekonomi masyarakat. Semua butuh uang, rasionalisasi hilang.

Ini yang akan dihadapi (dalam Pilkada), makanya kita akan berupaya semaksimal mungkin untuk menghilangkan image itu,” imbuhnya.

Akademisi Universitas Pattimura, Eefie Baadilla menambahkan, acara DKPP dimaksud, sangat bermanfaat. Untuk itu, harus diapresiasi.

“Artinya dengan kegiatan seperti ini kita memperkenalkan DKPP itu kepada publik, sehingga publik juga bisa mengetahui dan memahami kerja dari DKPP itu sendiri. Patut diapresiasi,” terangnya.

Sementara itu, dalam kesempatan di acara terebut, Ketua AJI Ambon, Tajuddin Buano memaparkan, akibat pandemi Covid-19 membuat Pilkada di empat Kabupaten di Provinsi Maluku ini kurang diminati.

“Jika isu Pilkada untuk saat ini tertelan oleh pandemik, namun bukan berarti bahwa media tidak melakukan pemberitaan. Media masih saja melakukan tugas dan fungsi,” sebutnya.

Sekedar tahu, kegiatan tersebut, turut dihadirkan, beberapa perwakilan dari media lokal maupun nasional.
(BKA-1)

Comment