by

DLH SBT Optimis Tuntaskan Masalah Sampah

Ambon, BKA- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) optimis dapat menuntaskan persoalan sampah yang saat ini menjadi keluhan masyarakat Kota Bula, SBT. Selain sampah, persoalan lingkungan juga akan menjadi perhatian dinas tersebut.

“Kita semua punya tanggungjawab bersama untuk mengurus sampah yang menjadi keluhan masyarakat Kota Bula saat ini. Baik dari Dinas LH, LSM, KNPI, OKP/i dan seluruh elemen masyarakat di Kota Bula,” ungkap Plt Kepala DLH SBT, Ilham Hodrawi, kepada wartawan, Kamis (8/4) malam.

Menurut Hoedrawi, semua unsur masyarakat di Bumi Ita Wotu Nusa, harus mampu menjaga dan menata lingkungan sekitar dengan baik dan rapih, demi memberikan rasa nyaman, sehat bagi keluarga, anak, cucu di masa sekarang dan masa yang akan datang. “Jadi semua mahluk sosial punya tanggungjawab penuh,” tutur dia.

Dikatakan, demi menjaga lingkungan agar tetep sehat dan bersih, semua perusahaan yang beroprasi di SBT, diharuskan menjaga kebersihan lingkungan. “Seperti PT. Carlez, Citic Cel, Perusahan Tebu, Galian C dan Bank. Begitu juga pihak RSUD dan Puskesmas dan Perusda di SBT. Karena menjaga lingkungan ini jadi tugas bersama,” pesannya.

Kabag Humas Setda SBT ini juga menyampaikan, dirinya sadar betul akan tugas dan tanggungjawab yang diembani saat ini. Untuk itu, persoalan sampah dan tata lingkungan difokuskan sampai pada kecamatan-kecamatan. “Tugas satu ini, kita akan teruskan sampai ke desa-desa di 15 Kecamatan,” sebutnya.

Ia menambahkan, dari hasil diskusi publik yang dilakukan dan memperoleh banyak masukan serta solusi, akan dilakukan perencanaan yang matang tentang penanganan sampah dan penataan lingkungan. “Kita harus menyusun perencanaan yang matang lima tahun kedepanya,” pungkasnya. (SOF).

Comment